Rabu 04 Maret 2020, 22:25 WIB

769 WNI Dipulangkan Terkait Kebijakan Umrah

Antara | Humaniora
769 WNI Dipulangkan Terkait Kebijakan Umrah

AFP

 

KJRI Istanbul telah mendata dan membantu kepulangan 769 WNI yang terdampak kebijakan penangguhan umrah oleh pemerintah Arab Saudi.

Ratusan WNI yang diurus oleh sejumlah biro perjalanan umrah itu dipulangkan ke Tanah Air menggunakan berbagai maskapai penerbangan antara lain Turkish Airlines, Saudi Airlines, dan Qatar Airways sejak 27 Februari 2020 hingga 4 Maret 2020.

Dari jumlah tersebut, 378 WNI yang berasal dari 12 agen perjalanan belum dapat melaksanakan ibadah umrah, sementara sebanyak 391 WNI telah selesai melaksanakan umrah, demikian keterangan tertulis KJRI Istanbul, Rabu (4/3).

Kendala yang ditemui biro perjalanan baik bagi yang belum ataupun sudah selesai melaksanakan umrah terpusat pada keterbatasan jumlah kursi maskapai penerbangan untuk memulangkan jemaah ke Indonesia pascapenangguhan perjalanan umrah, sehingga beberapa WNI harus menunggu penerbangan hingga 4 Maret 2020.

Untuk itu, Konsul Jenderal RI di Istanbul Imam As'ari memerintahkan seluruh jajarannya untuk berperan aktif memberikan bantuan kepada jemaah terutama terkait koordinasi kepada maskapai penerbangan, pelaksana perjalanan umrah, kepolisian dan rumah sakit bagi WNI yang memerlukan, serta bantuan konsumsi agar tidak ada WNI terlantar di bandara.

Sejumlah WNI tersebut terkendala kepulangannya ke Indonesia ataupun untuk melanjutkan perjalanan umrah ke Arab Saudi setelah transit di Istanbul pascadiberlakukannya kebijakan penangguhan akses masuk warga negara asing oleh pemerintah Saudi ke seluruh wilayah Arab Saudi sejak 27 Februari 2020, termasuk untuk melaksanakan ibadah umrah menyusul langkah antisipasi terhadap masuknya wabah virus korona. (OL-12)

Baca Juga

dok pemprov jatim

Rumah Dinas Gubernur Jatim Jadi Posko Command Center Covid-19

👤Aries Wijaksena 🕔Minggu 05 April 2020, 09:56 WIB
Rumah dinas Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang berlokasi di sisi timur Gedung Negara Grahadi Jalan Gubernur Suryo...
Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI)/Tim MI

Jenazah tidak Tularkan Virus

👤Ata/Aiw/RF/J-1 🕔Minggu 05 April 2020, 09:05 WIB
Saat orang meninggal, selnya mati sehingga virus tidak akan berkembang. Sifat virus dalam jenazah sama dengan virus yang ada di tanah,...
MI/ROSMERY C SIHOMBING

Sido Muncul Hadirkan Kebaikan di Tengah Pandemi

👤Ykb/Ten/I-2 🕔Minggu 05 April 2020, 09:05 WIB
Bantuan tersebut untuk membantu upaya melawan pandemi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya