Rabu 04 Maret 2020, 20:58 WIB

Harlah Batal di Masjid Gedhe Kauman, PCNU: Resmi Mereka Menolak

Furqon Ulya Himawan | Nusantara
Harlah Batal di Masjid Gedhe Kauman, PCNU: Resmi Mereka Menolak

Antara
Sejumlah umat berada di Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

 

PENGURUS Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Yogyakarta tidak merasa ada yang hendak mengadu domba antara NU dan Muhammadiyah terkait penolakan pergelaran peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-94 NU di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta.

Menurut Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Yogyakarta Yazid Afandi di Yogyakarta, Rabu (4/3), menjelaskan panitia hajatan itu sudah melanggsungkan beragam pertemuan dan meminta izin.

Baca juga: Jaga Harmoni, PCNU Yogyakarta Batal Gelar Harlah di Masjid Gedhe

"Saya tidak merasa ada yang membenturkan. Karena secara kelembagaan, resmi mereka menolak dan ada warga yang menolak," kata Yazid.

Meski begitu, Yazid meminta pemindahan acara Harlah NU tidak usah diperpanjang lagi. Panitia juga mengundang mengundang pengurus Muhammadiyah untuk hadir dalam Harlah NU dan memberikan waktu untuk sambutan. "Kalau mereka hadir, kami sangat bersyukur," katanya.

Baca juga: Soal Harlah NU, Pemuda Muhammadiyah Sebut Ada Oknum Mau Adu Domba

Sebelumnya, muncul sejumlah pernyataan dan anggapan NU tidak tepa salira dan ramai di medsos bahkan muncul pernyataan Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Sunanto yang meminta Pemuda Muhammadiyah melakukan apel akbar dan siaga adanya ancaman keamanan. "Saya tidak pernah menyatakan demikian," kata Sunanto.

Baca juga: Wapres Minta Moderasi Beragama Terus Digaungkan

Menurut Sunanto, ada oknum yang ingin mengadu domba antara NU dan Muhammadiyah. "Ada yang senang kalau Ansor dan pemuda muhamamdiyah berperang," imbuhnya. (X-15)
 

Baca Juga

MI/Denny Susanto

Pemkot Denpasar Bagikan Disinfektan 'Door to Door'

👤Ruta Suryana 🕔Senin 06 April 2020, 19:45 WIB
Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan dan Satgas Covid-19 Desa dan Kelurahan melaksanakan pembagian cairan...
MI/Hijrah Ibrahim

Tangkal Covid-19 Pintu Masuk dan Keluar Ternate Dijaga Ketat

👤Hijrah Ibrahim 🕔Senin 06 April 2020, 19:00 WIB
UNTUK memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Pemerintah Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, memperketat pintu masuk dan keluar Kota...
dok polres tulungagung

Pospol Digital dari Polres Tulungagung

👤Aries Wijaksena 🕔Senin 06 April 2020, 18:02 WIB
Layanan ini sejalan dengan program physical distancing, karena tanpa harus ke kantor polisi, masyarakat bisa berkonsultasi dengan petugas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya