Rabu 04 Maret 2020, 21:05 WIB

Pemerintah Evaluasi Subsidi Pupuk dan Elpiji 3 Kg

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Pemerintah Evaluasi Subsidi Pupuk dan Elpiji 3 Kg

Antara/Reno Esnir
Menko PMK Muhadjir Effendy (kiri) berbincang dengan Kepala BPS Suhariyantosaat rapat koordinasi tingkat menteri di Kantor Kemenko PMK.

 

Pemerintah akan mengevaluasi program-program subsidi barang seperti pupuk dan elpiji tiga kilogram.

Evaluasi dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari kebijakan tersebut dalam menurunkan angka kemiskinan di Indonesia.

"Kita akan evaluasi karena anggaran yang dialokasikan dari APBN ke subsidi-subsidi barang itu sangat besar. Jauh lebih lebih besar dibandingkan bantuan-bantuan sosial yang berupa dana tunai," ujar Menteri Sosial Juliari Batubara di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/3).

Selain itu, pemerintah juga akan menkonsolidasikan dan memfokuskan program-program bantuan sosial seperti Program Keluarga Harapan, Bantuan Pangan Non-Tunai dan Program Indonesia Pintar kepada golongan masyarakat yang sangat miskin.

"Tapi, sebelum itu, kita akan melakukan pemutakhiran data keluarga miskin. Dengan begitu, kita bisa mendapat data-data yang lebih akurat lagi sehingga bantuan akan semakin tepat sasaran," Tutur pria yang akrab disapa Ari itu.

Ia mengakui, selama ini, data masyarakat miskin memang belum 100% akurat. Namun, ia menilai itu hal yang wajar lantaran jumlah oenduduk Indonesia yang begitu besar dan tersebar di wilayah yang sangat luas.

Sebelumnya, transformasi subsidi elpiji 3 kg juga telah dibicarakan dalam rapat koordinasi Kementerian Koordinator Pembangunan  Manusia dan Kebudayaan (PMK) bulan lalu. (E-1)

Baca Juga

Antara/Galih Pradipta

UU Cipta Kerja Mengantisipasi Bonus Demografi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 01:56 WIB
Pada 2030, sekitar 60% penduduk Indonesia merupakan usia produktif. Sehingga, dibutuhkan penciptaan lapangan kerja lebih besar melalui...
Antara/Dhemas Revityanto

Kemenaker Gandeng Pengusaha dan Serikat Pekerja Susun Empat RPP

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 01:04 WIB
"Kami menyiapkan empat RPP sebagai turunan dari UU Cipta Kerja. Kalau di UU Cipta Kerja itu kan kita punya waktu tiga bulan, tapi...
MI/Reza Sunarya

​​​​​​​Kemenhub Ungkap Calon Kuat Operator Pelabuhan Patimban

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 23:59 WIB
Dari lima peserta lelang, hanya satu konsorsium yang memenuhi semua kriteria. Namun, Kemenhub optimistis calon operator dapat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya