Rabu 04 Maret 2020, 20:08 WIB

Alasan di Balik Tiga Episode Kebijakan Nadiem

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Alasan di Balik Tiga Episode Kebijakan Nadiem

MI/M Irfan
Mendikbud Nadiem Anwar Makarim (kiri)

 

MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim telah mengeluarkan tiga episode kebijakan dalam 100 hari kerjanya.

Sejumlah perubahan yang diberlakukan dalam tiga episode kebijakan tersebut antara lain, penggantian UN dengan asesmen kompetensi minimum dan survei karakter, perubahan USBN menjadi ujian sekolah, pelonggaran sistem zonasi, akreditasi, pembukaan prodi baru, 3 semester di luar prodi, PTN-BH hingga penyaluran dana bos yang dikirim langsung ke sekolah.

Nadiem mengaku, ada alasan tersendiri mengapa dirinya memilih untuk merilis kebijakan-kebijakan tersebut terlebih dahulu dibanding kebijakan yang lainnya.

"Itu kita bukan pilih berdasarkan kita mau yang ini dulu baru itu. Kita pilih mana yang di bawah otoritas kita bisa maju duluan, jadi kita nggak nunggu-nunggu dulu. Kalau dari masing-masing bidang sudah ada kebijakan yang bisa kita ambil tanpa misalnya harus perubahan Undang-Undang, tanpa harus ada program anggaran. Episode 1, 2, 3 tidak ada satupun yang memakan anggaran," kata Nadiem dalam audiensi bersama Media Group di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (4/3).

Nadiem mengatakan, meski tidak memakan anggaran dan tidak membutuhkan perubahanuUndang-undang, namun kebijakan-kebijakan tersebut memiliki dampak yang besar. Dia pun mengungkapkan bahwa ke depan masih akan ada episode-episode kebijakan baru selanjutnya yang akan dirilis Kemendikbud untuk memperbaiki sistem pendidikan di Tanah Air.

"Yang fundamental belum tersentuh seperti budget, rekrutmen guru, kurikulum. Dalam episode ke depan, mungkin dalam tahun ini ada beberapa episode lagi," pungkasnya. (OL-2)

Baca Juga

ANTARA/Asprilla Dwi Adha

Kawan Vaksin Dideklarasikan di Hari Sumpah Pemuda

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 07:15 WIB
Gerakan itu akan menjadi wadah para relawan untuk mengawal vaksinasi di...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Menag Ajak Milenial Jaga Persatuan Bangsa

👤Siswantini Suryandari 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 06:18 WIB
Menteri Agama Fachrul Razi mengajak kaum milenial untuk membangun negeri dan menjaga persatuan bangsa sejalan dengan cita-cita Sumpah...
INSTAGRAM @PUTRI_TANJUNG

Putri Tanjung: Mematahkan Stigma

👤Bagus Pradana 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 04:40 WIB
Perundungan yang dialami mendorong Putri untuk membuktikan kemampuan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya