Rabu 04 Maret 2020, 23:05 WIB

Kementan Modali Pemkab Rp150 Miliar

MI | Nusantara
Kementan Modali Pemkab Rp150 Miliar

Dok. MI

 

KABUPATEN Brebes, Jawa Tengah, memprogramkan pertanian terpadu di Kecamatan Banjarharjo dan Ketanggungan. Dukungan pun datang dari Kementerian Pertanian yang menggelontorkan dana Rp150 miliar untuk mewujudkannya.

Dana itu akan digunakan untuk membangun sarana dan prasarana penunjang pertanian di kedua kecamatan. Kemarin, Bupati Idza Priyanti mendatangi lahan pertanian di wilayahnya itu.

“Saya ingin memastikan, usulan yang masuk ke dinas pertanian itu nyata dan bukan fiktif. Pembangunan sarana dan prasana ini diharapkan berimbas positif, tidak hanya untuk wilayah yang bersangkutan, tapi juga bagi desa-desa lain,” ujar bupati.

Tekad berjaya di sektor pertanian, juga membuat Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, memproteksi 55 ribu hektare sawah sebagai lahan pertanian abadi. “Perlindungan terhadap lahan sawah produktif ini merupakan jawaban atas alih fungsi lahan pertanian yang terus terjadi,” ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri.

Ia mengakui pembangunan di daerahnya terus tumbuh seiring meningkatnya investasi. Karena itu, luas lahan sawah abadi akan dijaga, dan betul-betul digunakan untuk menanam padi.
“Kami akan tegas soal alih fungsi lahan sawah produktif.”

Saat ini, sambung Kepala Dinas Pertanian Sudrajat, luas lahan sawah mencapai 64.077 hektare. “yang masuk ke dalam pola ruang seluas 55 ribu hektare dan sisanya akan dijadikan lahan sawah cadangan.” (JI/BB/N-2)

Baca Juga

Antara

Kali Ini, Tradisi Panjang Jimat Digelar Terbatas

👤Nurul Hidayah 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 16:55 WIB
TIDAK seperti tahun sebelumnya, tradisi panjang jimat di Keraton Kasepuhan Cirebon tanpa melibatkan banyak...
Dok.Dinas Pertanian Lembata

Jelang Musim Tanam, Pemda Lembata Siapkan Bibit dan Pupuk

👤Alexander P. Taum 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 16:40 WIB
PEMKAB Lembata, NTT, telah mempersiapkan bibit dan pupuk, guna menghadapi musim tanam tahun 2020 meskipun belum jelas masuk musim...
ANTARA/Novrian Arbi

Polda Sulteng Buru Penembak Polisi

👤M Taufan SP Bustan 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 15:58 WIB
Saat itu Wayan tengah melaksanakan tugas berjaga di Pos PJR Kotaraya bersama seorang rekannya. Tiba-tiba ia didatangi seorang pelaku yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya