Rabu 04 Maret 2020, 17:44 WIB

Tak ada Suspect Korona di Diamond Princess dan World Dream

Astri Novaria | Humaniora
Tak ada Suspect Korona di Diamond Princess dan World Dream

ANTARA
WNI ABK Diamond Princess menikmati pemandangan matahari tenggelam (sunset) dari atas KRI dr Soeharso di kawasan perairan Pulau Sebaru Kecil.

 

SEKRETARIS Kabinet Pramono Anung menyampaikan bahwa hingga hari ini tidak ada awak Kapal Pesiar Diamond Princess dan World Dream yang dinyatakan sebagai suspect virus korona atau Covid-19.

"Alhamdulillah sampai hari ini, karena mereka olahraga yang rutin, kemudian makan yang terjaga, sampai per hari ini kami mendapat laporan belum ada suspect," ujar Pramono di Jakarta, Rabu (4/3).

Baca juga: Batuk, Satu Kru Diamond Princess belum Tinggalkan KRI Soeharso

Pramono berharap kondisi 188 awak Kapal Pesiar World Dream dan 68 awak Kapal Pesiar Diamond Princess itu tetap terjaga hingga masa inkubasi selama 14 hari selesai, untuk selanjutnya dikembalikan ke masyarakat.

"Pengalaman dari Natuna, yang Wuhan kemarin, begitu dikembalikan ke masyarakat Alhamdulillah sampai hari ini juga tidak ada yang sakit," ucap Pramono.

Lebih lanjut Pramono mengatakan bahwa pemerintah telah melakukan penanganan maksimal terhadap para awak dua kapal pesiar itu, antara lain ditunjukkan dengan proses evakuasi yang berjalan dengan baik.

"Jadi dunia mengakui, WHO mengakui bahwa cara evakuasi kita ini termasuk berjalan dengan baik, karena betul-betul ditempatkan di satu tempat, dimonitor, dievaluasi, dan dijaga," kata Pramono.

"Sebab kita punya pengalaman negara-negara yang tidak melakukan evakuasi dengan ketat seperti di Korea Selatan, Italia, Iran, sekarang ini kan mereka menjadi terkena dampak yang cukup besar," sambung dia.

Sebelumnya, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (3/3), menyampaikan 188 orang kru kapal pesiar World Dream yang saat ini sedang diobservasi di pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, seluruh spesimen dinyatakan negatif Covid-19.

Ke-188 awak kapal tersebut juga tidak ada yang mengeluhkan tidak enak badan, panas, batuk atau sesak tidak ada.

Baca juga: Edukasi Pemakaian Kosmetik Aman, BPOM Gandeng Puteri Indonesia

Sementara 68 orang WNI yang berasal dari kapal pesiar Diamond Princess masih diproses spesimennya. Ia berharap seluruh awak kapal di Diamond Princess hasilnya negatif meskipun seperti diketahui kapal Diamond Princess memiliki kerawanan tinggi karena pernah menjadi episentrum Covid-19.

Hingga Selasa (3/3) sore terkonfirmasi di dunia ada 90.427 orang yang terinfeksi Covid-19 dengan 3.116 kematian, 47.928 orang dinyatakan sembuh. Sudah ada 65 negara termasuk Indonesia yang mengonfirmasi kasus positif COVID-19 di negaranya. (Ant/OL-6)

Baca Juga

Ilustrasi

Pemerintah Geser Cuti Bersama Untuk Tangkal Penyebaran Covid-19

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 09 April 2020, 20:45 WIB
"Kebijakan ini menindaklanjuti arahan Presiden dalam Ratas Antisipasi Mudik Lebaran pada tanggal 2 April 2020 terkait Himbauan Tidak...
Antara

Mendikbud Luncurkan Program Belajar dari Rumah di TVRI

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 09 April 2020, 20:38 WIB
Program Belajar dari Rumah merupakan bentuk upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa...
Antaranews.com

IDEAS Prediksi Ledakan Covid-19 Jelang Ramadan dan Idul Fitri

👤Antara 🕔Kamis 09 April 2020, 20:12 WIB
Ziarah kubur menjelang ramadan, buka puasa bersama dan shalat tarawih berjamaah selama bulan puasa serta tradisi mudik tahunan adalah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya