Rabu 04 Maret 2020, 17:33 WIB

2 Rumah Sakit di Jatim jadi Rujukan Pasien Suspect Korona

Mohammad Ghazi | Nusantara
2 Rumah Sakit di Jatim jadi Rujukan Pasien Suspect Korona

MI/LILIK
RSUD Margono Soekarjo, Purwokerto, Jawa Tengah (Jateng) sebagai RS rujukan menggelar simulasi penanganan pasien suspect korona.

 

DUA Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Pulau Madura, Jawa Timur, ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan untuk menangani pasien suspect korona. Dua RSUD itu adalah RSUD Syatifah Ambami Rato Ebu (Syamrabu) Kabupaten Bangkalan dan RSUD Slamet Martodirejo Kabupaten Pamekasan.

Juru bicara RSUD Syamrabu Bangkalan, Mohammad Mahrus, mengatakan di Jawa Timur, terdapat 44 rumah sakit yang ditunjuk sebagai RS rujukan suspect korona, termasuk dua RD di Madura.

Baca juga: Soal Harlah NU, Pemuda Muhammadiyah Sebut Ada Oknum Mau Adu Domba

"Sebagai rumah sakit yang ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan, kami diminta menyiapkan ruang isolasi dan tenaga medis," kata Mahrus, Rabu (4/3).

Kepala Seksi Pelayanan di RSUD Syamrabu itu menjelaskan, pihaknya sudah membentuk tim khusus untuk menangani pasien suspect korona. Tim khusus tersebut terdiri dari dokter spesialis yang dinilai memiliki keahlian dalam penanganan penyakit mirip influenza tersebut.

Sementara untuk ruang isolasi, jelas dia, RS Syamrabu telah menyiapkan satu ruang khusus yang ada di ruang Instalasi Rawat Inap (Irna) Blok F. Ruangan yang disiapkan, terpisah dari ruangan lain di blok tersebut dan terdapat tempat khusus untuk keluarga pasien.

"Kami menargetkan pekan depan semuanya sudah siap, tetmasuk peralatan yang dibutuhkan," katanya. (OL-6)

Baca Juga

AFP/Romeo GACAD

PUPR Klaim Tata Kawasan Pulau Rinca untuk Lindungi Habitat Komodo

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 26 Oktober 2020, 08:21 WIB
Saat ini, penataan Pulau Rinca tengah memasuki tahap pembongkaran bangunan eksisting dan pembuangan puing, pembersihan pile cap, dan...
MI/Denny Susanto

Ragam Hasil Hutan Penopang Hidup Masyarakat Kaki Meratus

👤Denny Susanto 🕔Senin 26 Oktober 2020, 08:20 WIB
Masyarakat Dayak di Kaki Pegunungan Meratus mengembangkan budidaya pangan seperti madu, kopi dan tanaman sengon dalam program perhutanan...
MI/Denny Susanto

Paslon SHM-MAR Dapat Dukungan Ulama

👤Denny Susanto 🕔Senin 26 Oktober 2020, 08:05 WIB
Habib Abdurahman Baasyim atau dikenal dengan sapaan Habib Banua menyatakan dukungan kepada paslon  Syafruddin-Alpiya (SHM-MAR) di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya