Rabu 04 Maret 2020, 17:33 WIB

2 Rumah Sakit di Jatim jadi Rujukan Pasien Suspect Korona

Mohammad Ghazi | Nusantara
2 Rumah Sakit di Jatim jadi Rujukan Pasien Suspect Korona

MI/LILIK
RSUD Margono Soekarjo, Purwokerto, Jawa Tengah (Jateng) sebagai RS rujukan menggelar simulasi penanganan pasien suspect korona.

 

DUA Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Pulau Madura, Jawa Timur, ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan untuk menangani pasien suspect korona. Dua RSUD itu adalah RSUD Syatifah Ambami Rato Ebu (Syamrabu) Kabupaten Bangkalan dan RSUD Slamet Martodirejo Kabupaten Pamekasan.

Juru bicara RSUD Syamrabu Bangkalan, Mohammad Mahrus, mengatakan di Jawa Timur, terdapat 44 rumah sakit yang ditunjuk sebagai RS rujukan suspect korona, termasuk dua RD di Madura.

Baca juga: Soal Harlah NU, Pemuda Muhammadiyah Sebut Ada Oknum Mau Adu Domba

"Sebagai rumah sakit yang ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan, kami diminta menyiapkan ruang isolasi dan tenaga medis," kata Mahrus, Rabu (4/3).

Kepala Seksi Pelayanan di RSUD Syamrabu itu menjelaskan, pihaknya sudah membentuk tim khusus untuk menangani pasien suspect korona. Tim khusus tersebut terdiri dari dokter spesialis yang dinilai memiliki keahlian dalam penanganan penyakit mirip influenza tersebut.

Sementara untuk ruang isolasi, jelas dia, RS Syamrabu telah menyiapkan satu ruang khusus yang ada di ruang Instalasi Rawat Inap (Irna) Blok F. Ruangan yang disiapkan, terpisah dari ruangan lain di blok tersebut dan terdapat tempat khusus untuk keluarga pasien.

"Kami menargetkan pekan depan semuanya sudah siap, tetmasuk peralatan yang dibutuhkan," katanya. (OL-6)

Baca Juga

Ilustrasi/Media Indonesia

Dana Reses DPRD Bengkulu Rp6 Milar untuk Penanganan Covid-19

👤Marliansyah 🕔Minggu 05 April 2020, 14:15 WIB
DPRD Provinsi Bengkulu sepakat mengalihkan dana reses atau kegiatan penjaringan aspirasi dari masyarakat untuk penanganan penyebaran wabah...
ilustrasi/mediaindonesia.com

Peran Wartawan Vital untuk Edukasi Covid-19 tapi Minim Dukungan

👤Ardi Teristri Hardi 🕔Minggu 05 April 2020, 13:40 WIB
Wartawan bisa memperjuangkan orang lain, tapi susah memperjuangkan dirinya. Bahkan, untuk mendapatkan masker dan hand sanitizer pun...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.

Gugus Tugas Covid-19 Babel Larang Semprot Disinfektan ke Tubuh

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Minggu 05 April 2020, 12:48 WIB
Pihaknya pun, lanjut Mikron, sudah meminta tim di lapangan dan kabupaten/kota untuk menggantikan cair disinfektan dengan cair lain...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya