Rabu 04 Maret 2020, 16:22 WIB

Soal Harlah NU, Pemuda Muhammadiyah Sebut Ada Oknum Mau Adu Domba

Furqon Ulya Himawan | Nusantara
Soal Harlah NU, Pemuda Muhammadiyah Sebut Ada Oknum Mau Adu Domba

DOK MI/ROMMY PUJIANTO
Ketua Umum PP Pemuda MUhammadiyah Sunanto di Jakarta, Kamis (27/6).

 

KETUA Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Sunanto, menyebut ada oknum yang ingin mengadu domba antara NU dan Muhammadiyah serta tidak ingin melihat kedua ormas besar di Indonesia ini bergandengan tangan dan saling rukun.

"Ada yang senang kalau Ansor dan pemuda Muhamamdiyah berperang," kata Sunanto saat dihubungi melalu telepon, Rabu (4/3).

Baca juga: Batik Ciprat Karya Kaum Disabilitas Jadi Seragam Pejabat Kemensos

Menurut Sunanto, ada yang tidak suka dengan situasi keakraban antara Pemuda Ansor dengan Pemuda Muhammadiyah dan mencoba membenturkannya lewat momentum pelaksanaan Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama (NU) ke-94 yang gagal dilaksanakan di Masjid Gede Kauman Yogyakarta. "Saya biasa ngopi dan bercanda gurau. Jadi situasi yang akrab ini ada yang tidak suka," tandasnya.

Sunanto juga mengaku telah meminta pihak Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah DIY untuk menjaga langkah toleransi dan menjaga hubungan silaturahmi.

"Sekarang saatnya membangun Indonesia yang damai dan toleran. Itu prinsip yang tidak boleh dilanggar," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Harlah NU ke-94 akan diselenggarakan di Masjid Gede Kauman Yogyakarta, Kamis (5/3) besok. Namun, ada kelompok masyarakat yang mengisyaratkan keberatan atas rencana tersebut. Demi keamanan, kenyaman dan keharmonisan masyarakat, acara Harlah NU dipindahkan ke kompleks Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta. (OL-6)

Baca Juga

MI/Denny Susanto

Pemkot Denpasar Bagikan Disinfektan 'Door to Door'

👤Ruta Suryana 🕔Senin 06 April 2020, 19:45 WIB
Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan dan Satgas Covid-19 Desa dan Kelurahan melaksanakan pembagian cairan...
MI/Hijrah Ibrahim

Tangkal Covid-19 Pintu Masuk dan Keluar Ternate Dijaga Ketat

👤Hijrah Ibrahim 🕔Senin 06 April 2020, 19:00 WIB
UNTUK memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Pemerintah Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, memperketat pintu masuk dan keluar Kota...
dok polres tulungagung

Pospol Digital dari Polres Tulungagung

👤Aries Wijaksena 🕔Senin 06 April 2020, 18:02 WIB
Layanan ini sejalan dengan program physical distancing, karena tanpa harus ke kantor polisi, masyarakat bisa berkonsultasi dengan petugas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya