Rabu 04 Maret 2020, 15:26 WIB

JK Prediksi Panic Buying Akibat Korona Hanya Sementara

Emir Chairullah | Humaniora
JK Prediksi Panic Buying Akibat Korona Hanya Sementara

Antara/Irfan Anshori
Petugas Satreskrim Polres Blitar memantau stok di pusat perbelanjaan di Blitar, Jawa Timur, untuk mengantisipasi praktik penimbunan.

 

FENOMENA panic buying di tengah masyarakat akibat wabah virus korona (COVID-19), diperkirakan tidak berlangsung lama. Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, memprediksi panic buying segera berakhir, lantaran kebutuhan masyarakat tetap sama.

 “Saya kira (dalam) satu minggu ya. Kalau panic buying minggu ini, kan minggu depan kurang. Karena kalau Anda beli beras, kebutuhan tetap saja. Cuma membeli lebih dahulu, paniknya seminggu," pungkas JK, sapaan akrabnya, di Gedung Perpustakaan Nasional, Rabu (4/3).

Dia berharap masyarakat tidak panik dalam merespons penyebaran virus korona, yang sudah menelan banyak korban jiwa. Kendati demikian, JK juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati. Sekaligus, menjaga perilaku hidup sehat dan rajin mencuci tangan. Sebaiknya masyarakat juga menghindari keramaian untuk sementara waktu.

Baca juga: Ada Panic Buying, Aprindo : Stok Aman, Setop Serbu Swalayan

“Kita jangan panik, tapi waspada, hati-hati. Karena semua sudah mengetahui begitu banyak (soal korona), kecepatan menyebarnya. Sehingga, perlu hati-hatilah," ujar Ketua Palang Merah Indonesia (PMI).

Selain itu, dia meminta pemerintah menyiapkan berbagai langkah untuk mengantisipasi dampak wabah virus korona. Sejauh ini, dia menilai pemerintah telah berusaha maksimal untuk melawan penyebaran virus yang berasal dari Tiongkok.

“(Memang sudah) maksimal, dalam arti sesuai dengan kemampuan yang ada. Mudah-mudahan tidak terjadi seperti Korea dan Iran. Tapi, harus mempersiapkan yang terburuk," pungkasnya.(OL-11)

Baca Juga

Dok Bandara YIA Operasional

15 Bandara PT Angkasa Pura I Terapkan Protokol Kesehatan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 21:00 WIB
Tidak perlu ada kekhawatiran dipastikan setelah manajemen telah melakukan protokol kesehatan di seluruh bandara yang...
MI/Susanto

Kemenhub Berupaya Sektor Transportasi tidak jadi Klaster Baru

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 20:00 WIB
Menhub melihat kecenderungan masyarakat untuk melakukan perjalanan menggunakan semua jenis transportasi akan meningkat pada libur panjang...
DOK MI

Bioskop Dibuka Kembali, Ini Rekomendasi PDIB

👤Widhoroso 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 19:45 WIB
Apabila ditemukan terjadi pelanggaran terhadap aturan protokol kesehatan yang berlaku maka harus diberikan sanksi secara tegas kepada pihak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya