Rabu 04 Maret 2020, 14:36 WIB

Kemenko PMK Panggil Kementerian Bahas Penyaluran Dana BOS

Atalya Puspa | Humaniora
Kemenko PMK Panggil Kementerian Bahas Penyaluran Dana BOS

Antara
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

 

KEMENTERIAN Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengundang sejumlah kementerian terkait untuk membahas penyaluran dana BOS.

Dalam rapat tersebut, Kemenko PMK menginstruksikan kepada seluruh kementerian terkait untuk melakukan percepatan penyaluran dana BOS.

"Tadi Pak Menko mengundang kita pertama untuk bagaimana kita bersama-sama memperbaiki kualitas pengelolaan anggaran pendidikan yang sangat besar di APBN kita. Seperti yang telah diketahui kan 20%, namun itu nilainya lebih dari Rp550 triliun," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani di Gedung Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (4/3).

Sri Mulyani mengungkapkan, kini penyaluran dana BOS bukan hanya melalui pusat saja, melainkan dari berbagai kementerian yang menaungi bidang pendidikan, mulai dari Kemendikbud, Kemenristek, dan Kemenag.

"Itu yang dari pusat pusat saja, sedangkan yang ke daerah yang lebih dari Rp330 triliun sendiri dari Rp550 triliun adalah melalui daerah, baik melalui DAU untuk gaji guru, baik melalui DAK fisik biasanya untuk membangun sekolah, memeperbaiki sekolah dan DAK nonfisik," ungkap Sri.

Sri juga mengungkapkan, dana BOS yang langsung disalurkan ke sekolah akan dipantau oleh Kemendikbud dan Kemenag dalam pelaksanaannya.

"Bagaimana untuk monitoringnya, akuntabilitasnya, apakah tidak ada jumlah murid yang dibesar-besarkan, ataukah penggunaan dari dana bos itu. Itu semua akan dilakukan oleh Kemendikbud, dari sisi platform akuntabilitasnya," kata Sri.

"Jadi salurannya itu berbeda-beda, kriterianya lain-lain sehingga kita tidak bisa mentrek apakah anggaran pendidikan itu benar-benar digunakan untuk anggaran pendidikan dan memang untuk benar-benar memperbaiki kualitas pendidikan," tandasnya. (Ata/OL-09)

Baca Juga

Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI)/Tim MI

Jenazah tidak Tularkan Virus

👤Ata/Aiw/RF/J-1 🕔Minggu 05 April 2020, 09:05 WIB
Saat orang meninggal, selnya mati sehingga virus tidak akan berkembang. Sifat virus dalam jenazah sama dengan virus yang ada di tanah,...
MI/ROSMERY C SIHOMBING

Sido Muncul Hadirkan Kebaikan di Tengah Pandemi

👤Ykb/Ten/I-2 🕔Minggu 05 April 2020, 09:05 WIB
Bantuan tersebut untuk membantu upaya melawan pandemi...
MI/ADAM DWI

Belanja Daring Solusi Selama Pandemi Korona

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 05 April 2020, 08:55 WIB
Sejauh ini tidak ada keluhan yang berarti dari transaksi daring tersebut, seperti halnya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya