Rabu 04 Maret 2020, 13:51 WIB

Tangsel Siap Jadi Tuan Rumah Apeksi VI

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Tangsel Siap Jadi Tuan Rumah Apeksi VI

Pemkot Tangsel
Acara Launching Indonesia City Expo Apeksi 2020 di kawasan Bintaro-Tangsel, Rabu (19/2).

 

KOTA Tangerang Selatan (Tangsel) siap menjadi tuan rumah Musyawarah Nasional (Munas) VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang akan dilaksanakan pada 30 Juni hingga 3 Juli 2020 mendatang. Munas keenam ini akan dihadiri oleh 98 wali kota dari seluruh Indonesia.

Ketua Dewan Apeksi Airin Rachmi Diany mengatakan, penunjukan Kota Tangsel sebagai tempat penyelenggara Munas dan Indonesia City Expo berdasarkan Keputusan Rakernas Apeksi 2019 di Kota Semarang, Jawa Tengah. Adapun tema Munas Apeksi kali ini yakni ‘Profesionalisme Aparatur Sipil Negara’.

“Telah menjadi tradisi Apeksi bahwa setiap di­selenggarakan Munas atau Rakernas Apeksi, maka akan selalu diikuti dengan penyelenggaraan berbagai kegiatan di kota yang menjadi tuan rumah tersebut,” ungkap Wali kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany di acara Launching Indonesia City Expo Apeksi 2020 di kawasan Bintaro-Tangsel, Rabu (19/2).

Airin mengatakan, penyelenggaraan Munas atau Ra­kernas Apeksi, akan selalu diikuti dengan penyelenggaraan Indonesia City Expo. Indonesia City Expo 2020 di Kota Tangsel nanti merupakan penyelenggaraan yang ke 18.

“Untuk Indonesia City Expo merupakan gelaran pamer­an pemerintah kota-kota di seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Apeksi bekerja sama dengan PT Inmark Communication serta Pemkot Tangsel selaku tuan rumah,” jelas dia.

Penyelenggaraan Indonesia City Expo ini merupakan kegiatan yang sangat tepat dan strategis. Sebab kegiatan ini merupakan salah satu ajang bisnis, promosi, dan informasi produk serta jasa unggulan dari kota-kota anggota Apeksi.

Melalui Indonesia City Expo ini kita berharap dapat mendorong para pengusaha lokal maupun nasional untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini sekaligus untuk menampilkan atau mengenalkan berbagai tipe dan unggulan yang dimiliki, sehingga kegiatan ini dapat dimanfaatkan dan dijadikan ajang atau peluang untuk melaksanakan kerja sama disegala bidang,” jelas
dia.

Ajang Indonesia City Expo ini, kata Airin, diharapkan dapat meningkatkan transaksi jual beli, baik seketika maupun yang kemudian dilaksanakan. Hal ini untuk menumbuhkan ekonomi daerah dan lebih luas lagi mengokohkan ekonomi nasional.

Tidak hanya itu, beberapa rangkaian kegiatan lainnya meliputi Welcome Dinner pada 30 Juni 2020 pukul 19.00 WIB di Gedung Kantor Wali Kota Tangerang Selatan. Kemudian, pelaksanaan Munas dilaksanakan 1 dan 2 Juli 2020 di sebuah hotel di wilayah Bintaro, Kota Tangerang Selatan.

Lalu Ladies Program pada 1 dan 2 Juli 2020. Pawai Budaya dari Pemerintah Kota peserta Munas yang pelaksanaannya dipadukan dengan acara Pembukaan Indonesia City Expo 1 Juli 2020.

Lalu penampilan kesenian dari setiap kota selama Indonesia City Expo berlangsung. Penanaman pohon khas daerah tiap-tiap kota pada 2 Juli 2020 dan juga kegiatan City Tour untuk para peserta Munas. Adapun tema Munas Apeksi kali ini yakni ‘Profesionalisme Aparatur Sipil Negara’.

Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie berharap masyarakat Kota Tangsel dapat menjadi tuan rumah yang baik dalam pelaksanaan Munas VI Apeksi, Juni mendatang. Ia mendorong para pengrajin dan pelaku ekonomi kreatif di kotanya untuk menampilkan dan memamerkan produk mereka kepada tamu undangan. Apalagi, Munas akan dihadiri kurang lebih 3.000 undangan dari 98 kota.

“Saya berharap Munas berjalan dengan lancar dan aman. Dalam pelaksanaan Munas akan memberikan dampak positif bagi Kota Tangerang Selatan. Pertama siklus ekonomi kemudian juga kehadiran pagelaran budaya akan memperkenalkan kesenian dan kebudayaan Tangerang Selatan kepada masyarakat luas,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Banten, Wahidin Halim, memberikan apresiasi kepada Pemkot Tangsel yang akan menjadi tuan rumah Apeksi ke VI. Sebab, baru kali ini Munas dirangkum dengan adanya City Expo skala nasional. “Kalau melihat dari kesiap­annya, ini megah sekali dan sangat luar biasa,” ujarnya.

Selain itu, Wahidin berharap dalam penyelenggaraan Apeksi ke depan agar dinamika perkotaan yang selama ini terjadi seperti tumpang tindih aturan dapat selesai. (S2-25)

Baca Juga

MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Kepmendagri tidak Larang Ojek Beroperasia

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 31 Mei 2020, 20:35 WIB
Plt Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori menjelaskan, dalam Kepmendagri, sama sekali Mendagri Tito Karnavian tidak melarang ojek...
MI/ARYA MANGGALA

NasDem : Penggantian PSN Perlu Pertimbangan Sistem Pertahanan

👤Teguh Nirwahyudi 🕔Minggu 31 Mei 2020, 17:54 WIB
KEMENTERIAN Koordinator Perekonomian mengusulkan penggantian Proyek pesawat R80 dan N245 menjadi proyek drone dalam usulan Proyek Strategis...
MI/Susanto

Ketua Komisi I Desak Pemerintah Lindungi WNI di AS

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 17:33 WIB
Dia meminta perwakilan pemerintah RI di AS untuk menghubungi WNI yang ada di sana secara acak untuk memastikan kondisi keamanan mereka...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya