Rabu 04 Maret 2020, 11:59 WIB

Virus Korona Mewabah, Menlu Pantau WNI di Empat Negara

Rifaldi Putra Irianto | Internasional
Virus Korona Mewabah, Menlu Pantau WNI di Empat Negara

ANTARA/Rivan Awal Lingga
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

 

MENTERI Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, saat ini, pihaknya tengah fokus memberikan perhatian kepada warga negara Indonesia (WNI) yang berada di empat negara dengan peningkatan kasus virus korona COVID-19 yang signifikan.

Disebutnya berdasarkan data World Health Organization (WHO) empat negara yang mengalami peningkatan kasus virus korona yakni Iran, Jepang, Korea Selatan, dan Italia.

"Berdasarkan situation report dari WHO, angkanya menunjukkan perkembangan yang ada di Tiongkok menurun, sementara terjadi perubahan atau peningkatan di negara luar Tiongkok. termasuk empat negara yaitu Iran, Jepang, Korea Selatan, dan Italia," ucap Retno, saat ditemui di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (3/3) malam.

"Perkembangan ini menjadi panduan bagi kita untuk melakukan tugas perlindungan WNI, Oleh karena itu, dari waktu ke waktu, kita terus memonitor kondisi WNI. Semuanya kita monitor tetapi perhatian kita berikan kepada negara-negara khususnya empat negara yang sedang mengalami perkembangan kasus yang signifikan," imbuhnya.

Baca juga: Dampak Korona, Pertemuan IMF-Bank Dunia Adaptasi Format Virtual

Ia mengatakan, sejauh ini, kondisi WNI di keempat negara tersebut dapat dikatakan dalam keadaan baik. Dan pemerintah terus melakukan komunikasi intensif

"Sejauh ini, kondisi WNI kita di empat negara tersebut dalam kondisi baik. Jepang, kemarin, masih ada 5 WNI yang berstatus positif. Dulukan ada 9 namun yang 4 sudah dinyatakan negatif dan 5 masih ada di dalam rumah sakit dengan kondisi stabil. Sementara yang dari Korea Selatan, Italia dan Iran, kondisi WNI kita dalam kondisi baik dan komunikasi intensif terus dilakukan dengan KBRI kita," jelasnya.

Ia pun menyatakan dalam situasi seperti ini, komunikasi serta dukungan antar pemerintah dengan otoritas setempat sangat penting.

"Sekali lagi di dalam situasi seperti ini diperlukan saling dukung satu sama lain. Jangan kita panik, kita mesti waspada tetapi kita juga harus memberikan dukungan kepada otoritas negara lain di mana ada warga negara kita bahwa mereka akan mampu," tukasnya. (OL-1)

Baca Juga

Antara

Vietnam Protes Penenggelaman Kapal oleh Tiongkok

👤Antara 🕔Sabtu 04 April 2020, 17:17 WIB
Vietnam dan Tiongkok telah bertahun-tahun terlibat dalam pertikaian tentang bentangan perairan yang berpotensi kaya energi, yang disebut...
AFP

Korban Jiwa Akibat Covid-19 di Inggris Tembus 3.600

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Sabtu 04 April 2020, 17:00 WIB
Dorongan ‘tinggal di rumah’ adalah instruksi, bukan permintaan. Petugas medis setempat meminta setiap orang untuk tidak...
AFP/DIBYANGSHU SARKAR

India Persiapkan Skenario Perpanjangan Karantina Wilayah

👤Antara 🕔Sabtu 04 April 2020, 16:57 WIB
Karantina bisa diperpanjang di Mumbai dan daerah perkotaan Maharashtra dalam dua...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya