Rabu 04 Maret 2020, 10:54 WIB

Marak Hoaks Korona, Menkominfo Ingatkan Ancaman Pidana

Candra Yuri Nuralam | Humaniora
Marak Hoaks Korona, Menkominfo Ingatkan Ancaman Pidana

MI/Ramdani
Warga mengenakan masker ketika melintasi jalur pedestrian di kawasan Sudirman, Jakarta.

 

MASYARAKAT diminta tidak menyebarkan berita bohong (hoaks) terkait virus korona (COVID-19). Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate menegaskan ancaman pidana siap menjerat penyebar hoaks.

"Penyebaran hoaks ada sanksi hukum dan pidana. Aparat pasti akan mengambil langkah yang tegas," ujar Johnny di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (3/3) malam.

Johnny menjelaskan pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepolisian terkait penangkalan hoaks korona. Dia menyarankan Korps Bhayangkara untuk menindak tegas oknum yang menyebarkan kabar bohong, berdasarkan hukum yang berlaku.

Baca juga: Cegah Hoaks Korona, Polri Tingkatkan Patroli Siber

"Kita harus jaga betul bahwa produsen hoaks yang distribusi hoaks merugikan diri sendiri, merugikan keluarga sendiri, masyarakat, bangsa dan negara," pungkas Johnny.

Lebih lanjut, Johnny mengungkapkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan sejumlah perusahaan jaringan media sosial untuk melakukan penindakan. "Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah meminta seluruh platform, seperti facbook, untuk takedown terkait hoaks korona," ucapnya.

Johnny juga meminta masyarakat bisa mengendalikan komentar terkait warga positif korona di media sosial. Dia meminta masyarakat untuk menghargai privasi korban.

"Yang terakhir, harus kita jaga sama-sama etika komunikasi. Ini akan menjadikan pelajaran yang baik untuk tidak kita ulangi," tandasnya.(OL-11)

Baca Juga

Dok. UBL

Wisuda UBL Dihadiri mantan Wapres dan Duta Besar Secara Virtual

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:51 WIB
Wisuda ini dilaksanakan secara bertahap selama tiga hari pada 19-21 Oktober 2020 di Gedung Grha Mahardika Bujana (Auditorium) kampus.UBL...
ANTARA

IPB University akan Anugerahi Doni Monardo Doktor Honoris Causa

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:50 WIB
Penganugerahan gelar Doktor Kehormatan tersebut diputuskan dalam Rapat Pleno Senat Akademik (SA) IPB University pada Selasa...
DOk. UT

UT Gelar RTM Perkuat Sistem Pembelajaran Berbasis IT

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:48 WIB
Pada t2019 RTM difokuskan dalam bidang Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (MPJJ), maka tahun ini RTM berfokus pada bidang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya