Rabu 04 Maret 2020, 09:20 WIB

Satpol PP dan Satlinmas Diminta Bersinergi Sukseskan Pilkada

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
Satpol PP dan Satlinmas Diminta Bersinergi Sukseskan Pilkada

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kanan) memeriksa pasukan pada upacara peringatan HUT Satpol PP dan HUT Satlinmas di Mataram, NTB.

 

MENTERI Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ikut mengawal dan menyukseskan pelaksanaan pilkada serentak yang akan berlangsung di 270 daerah di Indonesia.

Imbauan itu disampaikan Mendagri saat memimpin upacara puncak perayaan HUT ke-70 Satpol PP dan HUT ke-58 Satlinmas di eks Bandara Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), kemarin.

Menurutnya, kesuksesan pilkada serentak di 9 provinsi, 224 kabupaten, 36 kota, serta 1 kota untuk pemungutan suara ulang, tidak terlepas dari peran Satpol PP dan Satlinmas. "Kita ketahui bersama pemilihan itu akan dilaksanakan serentak. Kesuksesannya tentu tidak lepas dari peran dan fungsi jajaran Satpol PP dan Satlinmas dalam mengawal ketertiban dan keamanan."

Mantan Kapolri itu menegaskan kerja sama yang sinergi antarinstansi terkait tentu menjadi tolok ukur keberhasilan penyelenggaraan pilkada di setiap daerah. Tak terkecuali sinergi Satpol PP dan Satlinmas dengan pemerintah daerah dan penyelenggara pemilu, baik KPU maupun Bawaslu.

"Oleh sebab itu, kiranya segenap jajaran Satpol PP dan anggota Satlinmas dapat tetap memelihara serta menjalin koordinasi dan komunikasi yang baik dengan instansi lainnya, seperti jajaran kepolisian maupun KPU dan Bawaslu di wilayah masing-masing," ujarnya.

Menurut dia, suksesnya pelaksanaan pilkada ditentukan banyak faktor, di antaranya kesiapan dari penyelenggara pemilu, pemerintah pusat, dan pemerintah daerah, serta kesiapsiagaan aparat keamanan dalam mengantisipasi berbagai macam potensi kerawanan pemilu.

"Kesempatan ini mari kita manfaatkan untuk mengonsolidasikan penyelenggaraan ketenteraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat di daerah dalam rangka menghadapi agenda pilkada serentak 2020 agar tercipta kondisi yang aman, tertib, dan demokratis dalam bingkai NKRI," ucap Tito.

Lebih lanjut, kata dia, pemerintah daerah mempunyai andil besar dalam memberikan bantuan dan fasilitas dalam rangka menyukseskan pelaksanaan pilkada. Salah satunya menciptakan situasi yang aman sebelum, pada saat dan setelah pilkada.

Berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, urusan ketenteraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat merupakan urusan dasar pelayanan oleh pemerintahan. "Terdapat relevansi antara tugas pokok Satpol PP dan Satlinmas dalam mewujudkan ketenteraman dan ketertiban umum yang mendukung pilkada." (Ind/Ant/P-3)

Baca Juga

Antara

Aktivis: Pemerintah Tak Perlu Bahas Agenda Legislasi dengan DPR

👤Emir Chairullah 🕔Minggu 05 April 2020, 23:55 WIB
Charles menilai DPR tidak memiliki sensitivitas dengan tetap berusaha membahas Revisi KUHP dan Omnibus Law RUU Cipta...
Micom

Istana Berbagi, Tebar Paket Nasi Boks

👤Andhika prasetyo 🕔Minggu 05 April 2020, 22:35 WIB
Sekretariat Presiden (Setpres) turut berupaya meringankan beban para pekerja informal seperti tukang ojek, sopir taksi dan tenaga kerja...
Antara

Polri Terbitkan Aturan Khusus Soal Hoaks dan Penghinaan Presiden

👤Tri Subarkah 🕔Minggu 05 April 2020, 20:24 WIB
Ia menyebut pihak kepolisian akan menindak tegas setiap orang yang memanfaatkan pandemi covid-19 untuk menyebarkan berita bohong dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya