Rabu 04 Maret 2020, 06:29 WIB

Menkes: Tidur yang Cukup Bisa Tangkal Virus Korona

Candra Yuri Nuralam | Humaniora
Menkes: Tidur yang Cukup Bisa Tangkal Virus Korona

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI
Tim Medis dan Petugas Kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Mampang Jakarta melakukan sterilisasi di sebuah kafe di Kemang, Jakarta Selatan.

 

MENTERI Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan penangkal virus korona Covid-19 adalah dengan menjalankan pola hidup sehat. Salah satunya dengan menjaga pola tidur yang cukup.

"Pencegahan dari Covid-19 ini yang paling utama adalah imunitas tubuh. Saya kembali harus katakan imunitas tubuh kita jangan sampai turun, misalnya kalau tidur kurang ya imunitasnya turun," kata Terawan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (3/3).

Menurut dia, sistem imunitas tubuh bakal lemah jika kurang tidur. Jika imunitas lemah, potensi tubuh terserang virus akan semakin tinggi.

Selain itu, Terawan juga meminta masyarakat tidak panik secara berlebihan menghadapi virus korona. Pasalnya, kata dia, imunitas tubuh juga bisa melemah dalam kondisi panik.

Baca juga: Lindungi Pasien Korona

"Itu namanya psikoneuroimunologi. Kalau kita mendapatkan persepsi hal-hal yang salah terus dan mengakibatkan kita khawatir dan cemas ya imunitas kita ikut turun," terang Terawan.

Terawan menyebut penangkalan virus korona hanya bisa dilakukan secara dini oleh diri sendiri. Untuk itu, dia meminta seluruh masyarakat  memulai hidup sehat dan tidak panik berlebih untuk menghindari virus korona.

"Itu merupakan langkah yang paling baik, tidak ada di dunia ini yang lebih hebat yang lebih bagus kecuali imunitas tubuh kita sendiri. Bukan masalah vaksin atau obat yang belum ada," tutur Terawan.

Indonesia mengonfirmasi kasus pertama Covid-19. Virus menjangkiti dua orang yang merupakan ibu dan anak. (OL-1)

Baca Juga

MI/Ramdani

Cegah Perokok Pemula, Kemen PPPA Inisiasi Smoke-Free Family

👤Atalya Puspa 🕔Senin 01 Juni 2020, 13:43 WIB
Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar pada 2018, tercatat sebanyak 2,1% anak usia 10-14 tahun sudah merokok dan 2% di antaranya bahkan...
ANTARA/FAKHRI HERMANSYAH

​​​​​​​Warga yang Belum Pernah Menerima Bantuan Jadi Prioritas

👤Gana Buana 🕔Senin 01 Juni 2020, 10:27 WIB
Warga yang belum pernah bantuan dari manapun diprioritaskan. Mekanisme tersebut ditempuh melalui musyawarah...
Medcom.id

Pemerintah Terus Berupaya Capai 10 Ribu Tes Spesimen per Hari

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 01 Juni 2020, 09:19 WIB
Juru Bicara Pemerintah terkait Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengungkapkan, pada Minggu (31/5), jumlah spesimen yang diperiksa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya