Rabu 04 Maret 2020, 00:30 WIB

Ramai-Ramai Mendukung Biden

Nur Aivanni | Internasional
Ramai-Ramai Mendukung Biden

AFP
Senator Amy Klobuchar (D-MN) bergabung dengan mantan calon presiden dari Partai Demokrat, Wakil Presiden Joe Biden di atas panggung

 

MANTAN Wali Kota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg, akhirnya resmi mendukung Joe Biden, 77, sebagai kandidat calon presiden AS dari Partai Demokrat. Dukungan diberikan kepada mantan Wakil Presiden AS tersebut hanya sehari setelah Buttigieg mundur dari pertarungan kandidat capres di Partai Demokrat.

Pilihan serupa dilakukan oleh Senator asal Minnesota, yaitu Amy Klobuchar. Saat berada di urutan keenam dalam pemilihan pendahuluan di South Carolina, Klobuchar juga mengakhiri pencalonannya sebagai calon presiden dari Partai Demokrat.

Klobuchar, 59, selanjutnya bergabung dalam kampanye untuk Joe Biden di Dallas, Texas.

Dengan keluarnya Klobuchar, tinggal tersisa lima kandidat Demokrat yang bersaing untuk kemudian menghadapi calon dari Partai Republik, yakni Donald Trump. Mereka ialah Joe Biden, Bernie Sanders, Elizabeth Warren, Michael Bloomberg, dan Tulsi Gabbard.

Sanders saat ini masih memimpin dengan 60 delegasi yang diikuti oleh Biden, dengan 54 delegasi.

Bersatu lawan Sanders

"Saya senang menyokong dan mendukung Joe Biden sebagai presiden," kata Buttigieg, 38, tak lama sebelum Biden naik panggung dalam acara di Dallas jelang voting primer yang disebut Super Tuesday, kemarin.

Ia pun mengajak semua orang yang mendukung kampanyenya untuk turut serta mendukung Biden.

"Kami telah menemukan pemimpin di dalam diri wakil presiden, calon presiden, Joe Biden," kata Buttigieg dengan Biden berdiri di dekatnya.

Buttigieg, yang sebelumnya bersaing dalam pertarungan nominasi Partai Demokrat, kini bersatu bersama Biden untuk mengalahkan politikus sayap kiri, Bernie Sanders, seorang senator AS dari Vermont.

Setelah tiga pertarungan dalam pemungutan suara di tiga negara bagian, Sanders berada di urutan terdepan. Biden kemudian bangkit kembali dengan kemenangan besar dalam pemilihan pendahuluan di South Carolina, Sabtu (29/2).

Biden mengakui momen bersejarah bagi para pendukung Buttigieg yang ia gambarkan sebagai seorang lelaki dengan integritas yang hebat.

Buttigieg, kata Biden, mengingatkan dirinya pada anaknya, Beau, yang meninggal karena kanker pada 2015. "Itu pujian tertinggi yang bisa kuberikan pada pria atau wanita mana pun," katanya.

Biden kemudian memperkenalkan politikus lainnya dari Partai Demokrat yang mendukungnya, yaitu Beto O'Rourke. Meski sempat populer, O'Rourke akhirnya harus mundur. Namun, O'Rourke masih tetap jadi andalan di Texas, sebuah negara bagian dengan jumlah delegasi terbesar di bawah California.

"Kita perlu seseorang yang bisa mengalahkan Trump. Biden ialah orangnya," ujar O'Rourke yang membumbui pidato pendeknya dengan bahasa Spanyol.

Sanders sendiri masih tetap terfokus untuk menguasai California. "Ada usaha terorganisasi untuk menghentikan langkah saya. Mereka takut melihat saya menang," kata Sanders.

Banyak dari pendukung Sanders ialah kaum muda yang menyukai topik kampanyenya, seperti soal kesetaraan hak dan upah, rumah murah, dan lainnya. (AFP/X-11)

Baca Juga

ANTARA FOTO/REUTERS/Mike Hutchings/foc/djo

Menteri Komunikasi Afsel Kena Sanksi Disiplin Langgar Karantina

👤Antara 🕔Rabu 08 April 2020, 20:01 WIB
Berdasarkan aturan yang diterapkan, masyarakat hanya diizinkan keluar rumah untuk kegiatan yang sangat...
AFP

Setelah Vanuatu, Topan Harold Hantam Fiji

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Rabu 08 April 2020, 17:56 WIB
Badai dahsyat meninggalkan jejak kehancuran. Banyak atap rumah rusak,dan sejumlah wilayah mengalami...
Dok Indonesia Bersatu

Indonesia Bersatu di AS Kirim Pesan untuk Tenaga Medis di RI

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Rabu 08 April 2020, 16:54 WIB
Tercatat video yang masuk sampai saat ini datang dari Atlanta, Carolinas, Chicago, Dallas, Denver, Las Vegas, Los Angeles, Minnesota, New...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya