Rabu 04 Maret 2020, 03:10 WIB

Panik Gegara Corona? Awas, Imunitas Malah Bisa Turun

Melalusa Susthira K | Weekend
Panik Gegara Corona? Awas, Imunitas Malah Bisa Turun

Antara
Harga masker meroket di pasaran lantaran banyak dicari masyarakat yang panik akan wabah COVID-19.

Sejumlah warga negara dunia dilanda kepanikan atas masuknya virus corona atau COVID-19 di negaranya, termasuk Indonesia. Selain mengkhawatirkan keselamatannya, sejumlah masyarakat juga mengkhawatirkan keberlangsungan hidup mereka ke depan, mulai dari nasib pekerjaan mereka hingga pasokan makanan sehari-hari. Namun tidak ada gunanya khawatir, selain membuang-buang energi, hal tersebut juga dapat menyebabkan kecemasan yang tidak baik bagi sistem kekebalan tubuh. Adapun imunitas sendiri memiliki peran penting dalam menangkis virus dalam tubuh, termasuk COVID-19.

Hal itu diungkapkan Psikiater dari Centre for Psychological Wellness di Singapura, Dr Lim Boon Leng. Ia menekankan perlunya untuk menyadari pikiran negatif atau kecemasan yang sedang dialami, dengan demikian dapat dengan sadar memilah untuk tidak menuruti atau terobsesi dengan intensi tersebut. Menurutnya, dalam masa krisis memang lebih mudah bagi hati atau emosi untuk lebih berkuasa ketimbang otak atau rasionalitas.

“Ini juga berguna untuk mengingat bahwa Anda tidak sendirian. Kami berurusan dengan ini (COVID-19) sebagai komunitas, sebagai negara dan satu dunia. Dapatkan kekuatan dari orang yang Anda cintai, dan pada gilirannya cobalah untuk menjadi kuat dan tetap positif bagi mereka,” terang Lim, seperti dilansir SCMP, Minggu (1/3).

Selain mempertahankan hubungan dan menjalin komunikasi, yang dipercayai dapat membantu memberikan rasa aman dan lebih baik, Lim juga menyarankan untuk mempertahankan rutinitas normal harian, tetap menikmati waktu luang, fokus pada tujuan, dan sebisa mungkin meminimalisir gangguan-gangguan dalam hidup.

Untuk mengurangi kekhawatiran akan wabah COVID-19, Lim juga menyarankan  untuk mengendalikan jenis dan jumlah berita yang disimak, misalnya dengan menonton atau membaca berita paling banyak satu atau dua kali sehari. Ia memperingatkan bahwa banyak laporan di media sosial yang menyesatkan atau tidak berdasar, untuk itu jaga pikiran agar tidak membayangkan situasi yang terburuk.

Terakhir, Lim menekankan pentingnya memerhatikan kesehatan fisik, dengan demikian dapat mengatur pikiran dan perilaku itu sendiri ke arah yang lebih positif. “Berolahraga secara teratur, menghirup banyak udara segar, makan makanan yang seimbang, cukup tidur dan meluangkan waktu untuk perawatan diri tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan menjaga tubuh Anda berfungsi secara optimal; Kebiasaan ini juga membantu Anda merasa lebih baik. Dan ketika Anda merasa baik, kuat dan sehat, Anda akan menemukan bahwa Anda lebih mampu mengatasi apa pun yang terjadi di sekitar Anda,” pungkas Lim. (M-2)

BACA JUGA: Himbauan WHO agar Warga Indonesia tak Tertular Korona

Baca Juga

Unsplash/ Azamat Kinzhitayev

Kurang Dikenal, 5 Kota Asia ini Menawarkan Surga Wisata

👤MI Weekend 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 16:05 WIB
Almaty, Harbin, hingga Bacolod adalah kota-kota indah di Asia yang belum begitu populer bagi turis...
AFP/LUIS ACOSTA

Cek Fakta Baru: Bulan lebih Kaya Air dari yang Diperkirakan

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 15:40 WIB
Kondisi ini meningkatkan peluang astronot dalam misi luar angkasa di masa depan dapat menemukan sumber air dan mungkin bahkan bahan bakar...
 ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/

KEMBALI20; Melihat Bali dengan Cara Berbeda

👤Abdillah Marzuqi 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 15:25 WIB
Helatan yang bakal diadakan 29 Oktober – 8 November itu sebagai perwujudan dedikasi Bali dalam industri seni...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya