Selasa 03 Maret 2020, 18:35 WIB

Lagi, Abu Sayyaf Tawan WNI, Minta Tebusan Rp8,4 Miliar

Rifaldi Putra Irianto | Politik dan Hukum
Lagi, Abu Sayyaf Tawan WNI, Minta Tebusan Rp8,4 Miliar

Ilustrasi
Penawanan

 

KELOMPOK bersenjata Abu Sayyaf di Filipina dilaporkan meminta tebusan 30 juta Peso atau sekitar Rp8,4 miliar atas lima warga Indonesia (WNI) yang ditawan.

Kelima WNI yang ditawan milisi Abu Sayyaf itu terdiri dari Riswanto Bin Hayono, Edi Bin Lawalopo, La Baa, Arizal Kastamiran dan Arshad Bin Dahlan Juragan. Mereka diculik saat melaut di perairan Lahad Datu, Sabah, Malaysia pada 15 Januari lalu.

Diduga penculiknya adalah kelompok Abu Sayyaf yang dipimpin Bong. Mereka lantas membawa kelima WNI itu ke Kota Parang, Pulau Sulare, Kepulauan Sulu. Yang berjaraknya sekitar 16 kilometer dari pulau utama.

WNI itu diketahui sudah sebulan ditawan oleh milisi tersebut. Menurut Komandan Komando Mindanao Barat, Letjen Cirilito Sobejana, permintaan tebusan itu diketahui setelah anak buahnya yang bertugas di Sulu menyadap pesan dari para penyandera.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengaku belum mendiskusikan terkait hal tersebut kepada instansi terkait.

"Saya baru membacanya tadi, saya belum membicarakannya," kata Mahfud di Kemenkopolhukam, Jakarta, Selasa, (3/3).

Ia pun mengaku, akan segera membahasnya dan dengan cepat akan mencarikan jalan keluar atas permasalahan tersebut.

"Saya baru mendengar saya fikir itu baru hari ini ya, jadi belum sempat kami bicarakan nanti akan segera dibicarakan," ucapnya. (OL-2)

Baca Juga

MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Kepmendagri tidak Larang Ojek Beroperasia

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 31 Mei 2020, 20:35 WIB
Plt Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori menjelaskan, dalam Kepmendagri, sama sekali Mendagri Tito Karnavian tidak melarang ojek...
MI/ARYA MANGGALA

NasDem : Penggantian PSN Perlu Pertimbangan Sistem Pertahanan

👤Teguh Nirwahyudi 🕔Minggu 31 Mei 2020, 17:54 WIB
KEMENTERIAN Koordinator Perekonomian mengusulkan penggantian Proyek pesawat R80 dan N245 menjadi proyek drone dalam usulan Proyek Strategis...
MI/Susanto

Ketua Komisi I Desak Pemerintah Lindungi WNI di AS

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 17:33 WIB
Dia meminta perwakilan pemerintah RI di AS untuk menghubungi WNI yang ada di sana secara acak untuk memastikan kondisi keamanan mereka...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya