Selasa 03 Maret 2020, 17:10 WIB

RSUD Undata Palu Siagakan Tim Khusus Tangani Pasien Virus Korona

M Taufan SP Bustan | Nusantara
RSUD Undata Palu Siagakan Tim Khusus Tangani Pasien Virus Korona

MI/M Taufan SP Bustan
Petugas kesehatan memperlihatkan ruang isolasi virus corona yang disiagakan di RSUD Undata Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (3/3).

 

RUMAH Sakit Umum Daerah (RSUD) Palu, Sulawesi Tengah, telah menyiagakan ruang isolasi untuk menangani pasien yang terjangkit virus korona. Tidak hanya itu, rumah sakit pemerintah itu juga telah membentuk tim khusus.  

Wakil Direktur RSUD Undata Palu Amsyar Praja mengatakan, secara umum RSUD Undata sudan siap ketika ada pasien virus corona yang ingin dirawat.  

"RSUD Undata tentu siap siaga menghadapi virus itu. Tapi di Sulteng bukan hanya RSUD Undata yang menjadi rumah sakit rujukan," terangnya kepada sejumlah jurnalis saat ditemui di RSUD Undata Palu, Selasa (3/3).

Baca Juga: Waspada Korona, MUI: Kurangi Kegiatan Ormas dan Tabligh Akbar

 
Menurut Amsyar, khusus di RSUD Undata sudah disiapkan sarana, prasarana, dan sumber daya manusia untuk menghadapi pasien virus korona. Terdiri dari belasan dokter, belasan perawat, belasan petugas laboratorium, dan petugas yang terkait lainnya.  

"Jadi tim yang sudah dibentuk itu adalah tim khusus. Nanti merekalah yang menangani kalau ada pasien terjangkit virus korona. Namun mereka tetap sesuai dengan SOPnya masing-masing," ungkapnya.  

Untuk fasilitas RSUD Undata diketahui telah menyiagakan 12 ruang isolasi yang terdiri dari 10 ruang perawatan, satu ruang ICU, dan satu ruang ruang pemilahan pasien.

 

Baca Juga: Pulang Dari Umrah, Warga Palembang Diduga Terpapar Korona

 

"Sampai saat ini belum ada pasien masuk. Harapan kita semoga tidak ada selamanya. Meski demikian, tim kita 24 jam stand by," tegas Amsyar.  

Dirinya menambahkan, bahwa ketika ada pasien yang terindikasi terjangkit virus korona akan langsung dibawa ke ruang isolasi.  

Setibanya di ruang isolasi, pasien tersebut diberikan perawatan khusus. "Jadi sudah ada SOPnya. Semua tim akan menggunakan SOP-nya masing-masing," imbuh Amsyar.  

Sebelumnya Kadis Kesehatan Sulteng dr Renny Lamadjido menjelaskan, bahwa rumah sakit rujukan untuk pasien virus korona di Sulteng bukan hanya di RSUD Undata.  

Melainkan lanjutnya, di Sulteng ada beberapa rumah sakit lainnya. Seperti rumah sakit di Kabupaten Tolitoli, Tojo Unauna, Banggai, Morowali, dan RSU Anutapura di Palu.  

"Yang pasti semua tim yang ada di seluruh rumah sakit siaga. Kita berharap semoga tidak ada warga yang terjangkit," tandas Renny. (TB/OL-10)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Jumlah Pasien Positif Korona di Jateng Capai 132 Orang

👤Akhmad Safuan 🕔Selasa 07 April 2020, 08:57 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan peningkaran jumlah pasien positif korona di Jawa Tengah ini karena semakin meningkatnya...
MI/Kristiadi

Motif Pencuri Mobil Mantan Kapolda, Cuma Ingin Pamer

👤Kristiadi 🕔Selasa 07 April 2020, 08:37 WIB
Pelaku usai mencuri mobil, menggunakan hasil curiannya ini untuk bergaya dan pamer kepada teman-teman...
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Satu Lagi Pasien PDP di Manggarai Barat Meninggal

👤John Lewar 🕔Selasa 07 April 2020, 08:12 WIB
Pasien berinsial INW, 83 merupakan PDP asal Dompu Tente, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat yang meninggal di RS Siloam, tinggal di Serenaru,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya