Selasa 03 Maret 2020, 16:53 WIB

DPR: Indonesia Perlu Terapkan Travel Ban untuk Cegah Korona

Putri Rosmalia Octaviyani | Humaniora
DPR: Indonesia Perlu Terapkan Travel Ban untuk Cegah Korona

ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Petugas Kesehatan melakukan pengecekan suhu tubuh karyawan di Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

 

ANGGOTA Komisi I DPR Fraksi PKB, Abdul Kadir Karding, mengatakan pemerintah perlu bertindak lebih tegas terhadap penyebaran virus korona. Salah satunya dengan mengeluarkan pembatasan kunjungan atau travel ban terhadap warga negara yang penyebaran virus koronanya tinggi.

"Saya sih punya pikiran agak radikal terhadap antisipasi penyebaran virus corona. Kalau perlu kita moratorium sementara terhadap 10 negara yang potensial. Moratorium sementara dengan batas-batas tertentu. Itu satu yang harus dilakukan pemerintah," ujar Karding, di gedung DPR, Jakarta, Selasa, (3/3).

Karding juga mengatakan perlu ada crisis center di setiap kabupaten dan kota yang melibatkan semua pihak. Mulai dari dokter, pemda, polisi, tentara, hingga tokoh-tokoh masyarakatnya.

"Jangan kaya kemarin, panik sebentar, masker dan hand sanitizer habs. Ini kan artinya kita harus betul-betul siap," ujar Karding.

Sementara itu, Anggota Komisi I DPR Fraksi NasDem, Willy Aditya, mengatakan harus dilakukan pemetaan daerah-daerah dan wilayah rawan penularan virus korona. Dengan begitu penularan dapat dicegah dengan lebih maksimal.

Selain itu, ia juga menilai bahwa persoalan korona jangan hanya ditanggapi dengan intensif oleh Kementerian Kesehatan saja. Ia menilai masalah korona sudah harus dikualifikasikan sebagai persoalan terkait ketahanan negara.

"Karena ini berkaitan dengan nasional defense, itu yang harus diingat, keamanan negara. Saya juga statement Pak Prabowo harus pro aktif juga, karena ini bukan sektoral. Klao sekrotal, ini komisi 9. Ini kan sama kaya teroris, ideologi transnasional, lebih dari teroris virusnya ini," ujar Willy.(OL-4)

Baca Juga

Dok Instagram @armandmaulana04

Armand Maulana Hibur Tenaga Medis

👤MI 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 04:10 WIB
PENYANYI Armand Maulana, 49, telah menjalankan beragam aksi sosial selama pandemi...
MI/Fathurrozak

Anggia Kharisma Banyak Bersyukur

👤MI 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 03:55 WIB
PERAYAAN Idul Fitri tahun ini tidak sama dengan tahuntahun...
Dok. Instagram @ditakarang

Dita Karang Debut di Industri K-Pop

👤Ihfa Firdausya 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 03:35 WIB
NAMA Dita Karang, 23, menjadi perbincangan penggemar K-pop di Indonesia. Dita, gadis asal Yogyakarta, baru saja melakukan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya