Selasa 03 Maret 2020, 16:55 WIB

Presiden: Privasi Pasien Korona Harus Dilindungi

Andhika prasetyo | Humaniora
Presiden: Privasi Pasien Korona Harus Dilindungi

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Wartawan mengambil gambar Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Mensesneg Pratikno

 

PRESIDEN Joko Widodo meminta agar identitas dan privasi pasien yang dinyatakan positif terinfeksi COVID-19dilindungi dengan baik.

“Kepada kedua pasien yang kemarin saya sampaikan, kasus 1 dan kasus 2, saya perintahkan ke Menteri untuk mengingatkan agar rumah sakit, agar pejabat pemerintah itu tidak membuka privasi pasien,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam jumpa pers di Veranda Istana Merdeka Jakarta, Selasa.

Presiden didampingi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan semua pihak harus menghormati kode etik dan hak-hak pribadi pasien.

Oleh karena itu, identitas mereka harus dijaga dan tidak boleh dibuka ke publik sebagai bagian dari etika dalam berkomunikasi.

“Media juga harus menghormati privasi mereka (pasien) sehingga secara psikologi mereka tidak tertekan, dan bisa segera pulang dan sembuh kembali,” katanya.

Sebelumnya dua Warga Negara Indonesia (WNI) asal Depok dinyatakan positif COVID-19 setelah sebelumnya memeriksakan diri karena merasa demam. Itu menjadi kasus viruscoronabaru pertama di Indonesia yang kemudian disebut Presiden sebagai kasus-1 dan kasus-2.

Identitas dua WNI tersebut tersebar dengan bebas dan dapat diakses oleh siapapun di media sosial.Untuk itu, Presiden meminta jajarannya agar hal tersebut segera ditangani.

Pada kesempatan yang sama Presiden juga mengimbau masyarakat untuk turut membantu mencegah penularan virus coronabaru tersebut dengan berperilaku hidup sehat.

Ia memastikan bahwa pemerintah terus melakukan upaya maksimal untuk mencegah meluasnya wabah SARS CoV-2 penyebab COVID-19.(Ant/OL-4)

Baca Juga

Dok.Frisian Flag

Lawan Virus Korona, Masyarakat Diimbau Penuhi Kebutuhan Nutrisi

👤Achmad Maulana 🕔Rabu 01 April 2020, 22:35 WIB
Pemerintah bisa mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan mereka dengan mengonsumsi makanan yang...
Dok.SOHO

BNPB Apresiasi para Pendonor untuk Tim Medis Covid-19

👤Achmad Maulana 🕔Rabu 01 April 2020, 21:41 WIB
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Doni Monardo meminta seluruh lapisan masyarakat bersatu padu mendukung seluruh kebijakan...
Antara/Sigid Kurniawan

Kemenkes Masih Susun Permenkes untuk Aturan PSBB

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 01 April 2020, 21:32 WIB
"Permenkes sedang kita buat dari tadi siang," kata Achmad...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya