Selasa 03 Maret 2020, 16:40 WIB

Penimbun Masker Dapat Dipenjara Lima Tahun

Tri Subarkah | Megapolitan
Penimbun Masker Dapat Dipenjara Lima Tahun

ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Petugas apotek memasang tanda stok masker habis

 

SETELAH Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus pertama virus korona baru (Covid-19), penjualan masker meningkat tajam. Hal tersebut berbanding lurus dengan kenaikkan harga masker di pasaran. Bahkan di banyak tempat, ketersediaan masker sudah habis.

Kepolisian Republik Indonesia mengingkatkan para pelaku usaha yang sengaja menimbun maupun menaikkan harga masker dapat dipidana. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Asep Adisaputra.

"Secara esensial barang itu dibutuhkan dalam kondisi ini. Kalau pelaku usaha terbukti melakukan penimbunan, bisa ditindak dengan Undang-undang Perdagangan Pasal 107 dengan ancaman 5 tahun dan denda Rp50 miliar," terang Asep di Jakarta, Selasa (3/3).

Baca juga: Presiden: Masyarakat Tenang, Stok Masker Capai 50 Juta

Selain masker, Asep juga menyoroti masyarakat yang panik dengan membeli kebutuhan bahan pokok. Ia menegaskan bahwabahwa pihak kepolisian tidak berdiam diri dalam menangani kepanikan masyarakat. "Mabes punya Satgas Pangan yang membantu mengointrol ketersedian bahan pangan," tegasnya.

Asep juga menyebut bahwa ketersediaan kebutuhan bahan pokok tersedia dentan baik. Ia mengatakan bahwa koordinasi antara Polri bersama pelaku usaha telah dilakukan.

"Ada jaminan ketersediaan sembako atau barang pangan tersedia dengan baik. Seluruh pelaku pelaku usaha sudah kita koordinasikan, khususnya tempat yang besar seperti ritel tadi supaya bisa dikoordinasi dengan baik," pungkas Asep. (OL-4)

Baca Juga

Dok. Humas DPRD DKI

Soal DKI-2: PKS Jelas Tak Mampu Tandingi Lobi Kuat Gerindra

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 06 April 2020, 19:20 WIB
Pengamat politik Usep S Ahyar menilai terpilihnya Ahmad Riza Patria sebagai wakil gubernur DKI Jakarta karena pengaruh Gerindra yang...
Metrotvnews.com/ Kuntoro Tayubi.

Seorang Transgender di Jakarta Utara Tewas Dibakar

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 06 April 2020, 19:16 WIB
Seorang transgender perempuan atau transpuan bernama Mira diduga dibakar hidup-hidup oleh sejumlah orang di kawasan Cilincing, Jakarta...
Dok. Perempuan Tangguh Indonesia

Aksi Kemanusiaan Gotong Royong Siaga Covid-19

👤Sri Purwandhari 🕔Senin 06 April 2020, 18:15 WIB
Pandemi covid-19 berdampak terhadap berbagai sektor di mana-mana. Banyak yang menjadi korban, tapi gerakan kemanusiaan terus bermunculan....

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya