Selasa 03 Maret 2020, 14:49 WIB

14 Kg Tembakau Gorila Diamankan dari Home Industri Bandung

Ilham Ananditya | Politik dan Hukum
14 Kg Tembakau Gorila Diamankan dari Home Industri Bandung

Antara
Tembakau gorila

 

SEBANYAK 14 kilogram (Kg) yang terbagi dalam 35 paket narkoba jenis tembakau sintetis gorila diamankan Polres Metro Jakarta Barat dari lokasi home industri di Bandung, Jawa Barat (Jabar).

Turut pula ditangkap lima orang yang terkait dalam usaha ilegal tersebut yakni FJ,21, AA,22, YD,22, DP,23 dan OP,19.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie S Latuheru mengungkapkan, penangkapan tersebut bermula penyalahgunaan tembakau sintetis yang dilakukan oknum mahasiswa di Bekasi, Jabar, pertengahan bulan lalu.

Dijelaskannya Kasatnarkoba Polres Metro Jakarta Barat Kompol Ronaldo Maradona Siregar dan Kanit 3 AKP Fiernando langsung bergerak melakukan pengembangan, hasilnya tersangka oknum mahasiswa tersebut memesan tembakau gorila melalui media sosial. Kemudian petugas berhasil menggerebek sebuah unit apartemen yang dijadikan tempat pembuat tembakau gorila.

"Petugas langsung bergerak cepat dan berhasil mengamankan tersangka lain yang sedang meracik tembakau sintetis dengan bahan kimia," ujar Kombes Pol Audie S Latuheru, dalam konperensi pers, Selasa (03/03).

Sementara itu, Kompol Ronaldo Maradona Siregar menambahkan, dalam pembuatan tembakau sintetis tersebut tersangka melarutkan bahan kimia ke dalam cairan alkohol, setelah larut kemudian cairan tersebut disiram ke tiap tembakau kering yang sudah disiapkan lalu dikeringkan hingga kemudian dikemas menggunakan plastik.

"Para pelaku kita jerat dengan UU Pasal 113 ayat (2) Sub 114 ayat (2) Sub 112 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) tentang Narkotika dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun," tutur Ronaldo. (OL-2)

Baca Juga

Antara

Samakan Pemahaman Soal PSBB

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 07 April 2020, 05:25 WIB
Kepala daerah diminta cermat sebelum mengajukan permohonan PSBB, terutama terkait ketersediaan kebutuhan hidup dasar...
MI/M Irfan

Wakil Rakyat Minta TNI Dilibatkan Penuh Tangani Korona

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 06 April 2020, 21:09 WIB
Permintaan itu berkaitan dengan distribusi alat pelindung diri (APD), arus mudik di berbagai daerah, hingga pelaksanaan pembatasan sosial...
Istimewa

DPD RI Pilih Kawal Kebijakan Daerah, Ketimbang Kritik Pemerintah

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 April 2020, 20:28 WIB
DPD sebagai wakil daerah lebih memilih bekerja di daerah untuk memastikan kebijakan-kebijakan yang sudah diambil pemerintah pusat bisa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya