Senin 02 Maret 2020, 23:20 WIB

Seri Pertama Balap Moto-GP Minus Kelas Utama

BBC/AFP/Mal/R-1 | Olahraga
Seri Pertama Balap Moto-GP Minus Kelas Utama

KARIM JAAFAR / AFP
Pembalap Italia, dari tim Ducati, Andrea Dovizioso (kanan) bersaing dalam grand prix Moto-GP, di Sirkuit Losail, Qatar, 10 Maret 2019.

ANCAMAN virus korona baru (covid-19) berdampak pada gelaran balap Moto-GP 2020. Federasi Balap Motor Dunia (FIM) memutuskan bahwa kelas utama Moto-GP di seri pertama yang akan berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar, akhir pekan ini, batal dilombakan.

Keputusan itu diambil karena adanya kebijakan otoritas di Qatar yang membatasi kedatangan penumpang dari Italia. Di kelas Moto-GP ada enam pembalap asal Italia serta ratusan kru di berbagai tim Moto-GP.

Enam pembalap yang berasal dari Italia, yakni juara dunia tujuh kali Moto-GP Valentino Rossi, runner-up 2019 Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, Francesco Bagnaia, Franco Morbidelli, dan Andrea Iannone. “Karena pembatasan perjalanan Qatar diberlakukan yang memenga­ruhi penumpang dari Italia, kelas utama (Moto-GP) tidak akan berlomba di Sirkuit Losail,” jelas FIM.

Namun, FIM memutuskan untuk kelas Moto-2 dan Moto-3 tetap akan dilombakan di seri pembuka. Pasalnya, semua tim sudah berada di Qatar sejak beberapa hari lalu untuk menyelesaikan tes pramusim.

“Sangat memalukan harus membatalkan balapan pertama musim ini karena kami semua benar-benar siap untuk memulai. Begitu juga para penggemar,” kata bos tim Suzuki, Davide Brivio asal Italia.

Pembalap Prancis, Fabio Quartararo, yang akan menggantikan Rossi di tim pabrikan Yamaha pada 2021, mengatakan ia sudah siap untuk menjalani musim. “Saya sedang menunggu balapan pertama sejak akhir tahun lalu. Saya sedih dan kecewa setelah semua pekerjaan kami, tetapi ini ialah apa adanya,” cicit Fabio, pembalap tim Petronas Yamaha tersebut.

Sementara itu, seri kedua Moto-GP yang akan berlangsung di Thailand pada 20-22 Maret diputuskan ditunda. Tidak seperti di Qatar yang masih melombakan kelas Moto-2 dan Motio-3, seluruh balapan Moto-GP Thailand ditunda.

“Saya tidak mengatakan itu dibatalkan, saya hanya mengatakan itu ditunda sampai waktu memungkinkan kita untuk menggelarnya,” kata Ketua Panitia Penyelenggara Moto-GP Thailand, Anutin Charnvirakul.

Di sisi lain, panitia pelaksana Moto-GP Australia yang akan menjadi seri pembuka balap Formula 1 (F1) 2020, menegaskan tidak akan menunda balap­an yang akan berlangsung di Sirkuit Albert Park, Melbourne. GP Australia tetap akan berlangsung sesuai jadwal pada 12-15 Maret mendatang. (BBC/AFP/Mal/R-1)

Baca Juga

AFP/Philip Fong

Pekan Ini Tokyo akan Umumkan Jadwal Baru Olimpiade

👤Deden Muhammad Rojani 🕔Senin 30 Maret 2020, 18:01 WIB
Tidak ada perubahan besar. Artinya masih akan tetap berlangsung pada musim panas. Waktunya kemungkinan besar di antara Juni dan...
Antara

Fajar Alfian Rela tak Pulang Kampung Selama Wabah Covid-19

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 29 Maret 2020, 20:05 WIB
Pebulu tangkis Indonesia Fajar Alfian memilih bertahan di asrama PBSI selama wabah virus covid-19 karena tak ingin mengambil...
AFP/Charly Triballeau Warga

Olimpiade Tokyo Dijadwalkan Digelar 23 Juli 2021

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 29 Maret 2020, 17:00 WIB
Tanggal tersebut juga diprediksi sesuai dengan kondisi cuaca Tokyo yang tidak terlalu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya