Senin 02 Maret 2020, 18:11 WIB

Turis Positif Korona, Puluhan Pegawai Hotel di Bali Diawasi Ketat

Arnoldus Dhae | Nusantara
Turis Positif Korona, Puluhan Pegawai Hotel di Bali Diawasi Ketat

ANTARA
Pemprov Bali awasi ketat puluhan pegawai hotel yang telah kontak dengan turis positif virus korona.

 

SEBELUM dua warga Depok Jawa Barat positif korona, Bali ternyata sudah melakukan pemantauan secara ketat terhadap puluhan pegawai hotel yang berkontak langsung dengan turis yang akhirnya diketahui positif korona setelah pulang ke negaranya. Hal ini disampaikan Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indera saat dikonfirmasi di Denpasar, Senin (2/3).

Made Indera mengatakan saat ini Bali juga sedang siaga dan memperkuat kolaborasi dengan seluruh stakeholder, terkait mulai dari provinsi hingga kabupaten dan kota di Bali.

"Bersama dinas kesehatan dan seluruh rumah sakit di Bali, kami minta untuk terus perkuat kolaborasi, terus melakukan surveilance kepada seluruh masyarakat. Terus sosialisasi pola hidup sehat. Semuanya untuk cegah korona yang lagi mewabah saat ini," ujarnya.

Menurutnya, Dinas Kesehatan Bali bersama seluruh tim saat ini sedang memantau puluhan pegawai hotel yang diketahui bersentuhan langsung dengan salah seorang turis positif korona setelah kembali dari Bali.

"Saat ini seluruh pegawai hotel dalam pantauan petugas. Sampel darahnya dicek. Suhu tubuhnya dicek. Dan sampai saat ini belum sama sekali menunjukkan gejala korona dengan seluruh gejala medisnya. Semuanya masih aman terkendali. Tidak ada satu pun yang menunjukan gejala korona. Kami masih yakin Bali ini aman dan negatif," ujarnya.

Meski demikian, Sekda tidak menyebutkan hotel mana yang pernah dihuni oleh turis tersebut. Hal ini dilakukan agar tidak ada dampak yang terjadi dan jangan sampai hotel tersebut sepi dari pengunjung.

"Soal berapa jumlah pegawai hotel yang diperiksa rutin kami tidak bisa menyebutnya disini. Yang jelas puluhan pegawai hotel itu dalam pengawasan ketat. Soal hotel mana kami juga tidak perlu menyebutnya. Karena dampaknya sangat besar. Ini demi iklim pariwisata Bali. Yang jelas pihak hotel juga tidak tahu kalau tamu itu positif," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Bali Ketut Suarjaya membenarkan bahwa puluhan pegawai hotel dalam pantauan. Sebelum melakukan pemantauan pihaknya melalui tim lengkap melakukan proses secara detail menyangkut siapa saja pegawai hotel yang pernah berkomunikasi, bersentuhan, dengan turis yang bersangkutan, kemana saja, dengan siapa saja, dan tinggal di kamar yang mana.

baca juga: Turis Asal Perancis di Sulteng Tidak Suspek Virus Corona

"Semuanya sudah dilakukan penanganan. Termasuk melakukan semprotan cairan desinfektan bukan hanya di kamar yang dihuni tetapi semua kamar bersebelahan di sisi kiri dan kanan," ujarnya.

Pemantauan dilakukan hingga tanggal 4 Maret 2020. Perhitungannya adalah masa inkubasi korona. Dan bila sampai dengan 4 Maret tidak ada tanda tanda sakit dan sebagainya maka Bali diyakini aman dari virus korona. (OL-3)

 

Baca Juga

MI/Apul Iskandar Sianturi

Gubernur Sumut Ingatkan RS Bisa Dipidana jika Tolak Pasien Korona

👤Apul Iskandar Sianturi 🕔Selasa 07 April 2020, 17:30 WIB
Selain meninjau, Edy Rahmayadi menyerahkan 100 unit Rapid Test dan 100 unit Alat Pelindung Diri (APD) kepada pihak RSUD dr Djasamen...
MI/Mohammad Ghazi

Pemudik Tradisi Syakban di Madura Dipantau Ketat

👤Mohammad Ghazi 🕔Selasa 07 April 2020, 17:27 WIB
Sementara untuk angkutan umum diarahkan ke Posko Covid di Terminal...
ANTARA/Dedhez Anggara

Penutupan Jalur Pendakian Gunung Ciremai Diperpanjang

👤Nurul Hidayah 🕔Selasa 07 April 2020, 17:15 WIB
Penutupan kawasan wisata dan jalur pendakaian Gunung Ciremai diperpanjang sampai batas waktu yang bekum...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya