Senin 02 Maret 2020, 15:20 WIB

Pengusaha Otomotif Malaysia Siap Investasi Sebesar Rp12,7 Triliun

Antara | Ekonomi
Pengusaha Otomotif Malaysia Siap Investasi Sebesar Rp12,7 Triliun

Antara
Dalam kunjungan ke Malaysia selama tiga hari Justin Lim dan Sutrisno Bachir serta rombongan melakukan pembicaraan awal dengan tim Weststar.

 

PAMERINTAH terus memacu masuknya investasi asing ke Indonesia, agar dapat mendukung target pertumbuhan ekonomi. Sementara itu Malaysia adalah negara dalam top five negara terbesar penyumbang invetasi ke Indonesia.

Jika tidak ada halangan, satu lagi perusahaan asal Malaysia, Westar, berniat menanamkan modalnya di Tanah Air dalam waktu dekat.

Weststar adalah perusahaan berskala internasional milik Tan Sri Syed Azman Syed Ibrahim, salah satu pengusaha terkaya di Malaysia. Perusahaan ini bergerak di bidang otomotif, penerbangan, dan lain lain.

Konglomerat Justin Lim, selaku strategic principal di Indonesia, mengundang pengusaha, Sutrisno Bachir beserta rombongan untuk melakukan kunjungan ke kantor Weststar di Kuala Lumpur.

Dalam kunjungan ke Malaysia selama tiga hari itu, pada 26 - 28 Februari 2020, Justin Lim dan Sutrisno Bachir beserta rombongan melakukan pembicaraan awal dengan tim Weststar yang dipimpin langsung oleh Tan Sri Syed Azman. 

Di depan delegasi Indonesia yang dipimpin langsung oleh Sutrisno Bachir, Tan Sri mengungkapkan keinginannya untuk menggandeng mitra lokal Indonesia, untuk memasarkan mobil MPV Maxus buatan SAIC Motor, yang juga memegang lisensi beberapa merk automotive Eropa dan Amerika Serikat (AS) . 

"Saya ingin mengajak pengusaha Indonesia, untuk bekerjasama di bidang otomotif dan penerbangan. Untuk otomotif kami ingin memasarkan mobil Maxus di Indonesia, Sementara untuk penerbangan, kami ingin mengembangkan penyewaan dan maintenance helikopter, terutama untuk perusahaan perusahaan asing yang bergerak dibidang perminyakan," jelas Tan Sri di kantornya, Weststar Tower di Hulu Klang, Selangor, Malaysia.

Sebagai strategic principal, pengusaha Justin Lim sengaja menggandeng Sutrisno Bachir sebagai mitra lokalnya di Indonesia mengatakan. Selain karena sudah mengenal dengan baik Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu dengan baik. 

“Kami sengaja mengundang Pak Sutrisno Bachir ke Kuala Lumpur, untuk bertemu langsung dengan pemilik usaha Weststar, untuk menjejaki kerjacsama memasarkan mobil Maxsus dan bisnis aviation di Indonesia," jelas Justin.

"Kami sengaja memilih Pak Sutrisno untuk bermita dengan kami, karena selain kami sudah mengenal lama,  juga karana pak Sutrisno menurut saya orang yang memiliki pribadi yang bagus, tidak memiliki kepentingan apapun. Selain itu dia juga seorang pengusaha yang dekat dengan berbagai kalangan, termasuk dengan pemerintah Indonesia,” papranya. 

Jika kerja sama antara Weststar dan pihak Sutrisno Bachir ini bisa terwujud, akan akan membawa angin segar bagi iklim investasi di Indonesia di tengah virus COVID-19 yang memukul iklim investasi di tanah air. Masuknya investasi Weststar ke Indonesia, juga berpeluang membuka banyak lapangan kerja.

“Dalam kerja sama ini nantinya akan ada investasi masuk ke Indonesia, pada tahap awal akan menanamkan modal sebesar US$900 juta, atau setara dengan Rp12,7 triliun. Nantinya akan ada tahapan berikutnya, mengingat potensi pasar di Indonesia yang sangat besar. Rencana awal nanti, pihak Weststar akan membuka banyak showroom yang akan dilengkapi dengan pusat perawatan dan suku cadang,” kata Justin Lim. 

Senada dengan apa yang diucapkan Justin Lim, Sutrisno Bachir, juga berharap kerja sama antar dua negara ini akan melahirkan simbiosis yang saling menguntungkan kedua belah pihak. 

"Selama 3 hari kunjungan saya ke Kuala Lumpur ini kami telah membicarakan beberapa hal, di antaranya kerja sama dengan pihak Weststar yang diwakili oleh Justin Lim di bidang otomotif dan penerbangan atau aviation. Untuk otomotif, kita akan memasarkan mobil Maxus di Indonesia, bahkan nanti kita akan membuka pabriknya juga di indonesian karena row materialnya di Indonesia ini banyak sekali," kata Sutrisno.

“Kemudian untuk penerbangan kita akan  melakukan pemasaran dan pusat perawatan helikopter kepada perusahaan perusahaan asing,  terutama perusahaan minyak yang ada di Indonesia," kata pengusaha asal Pekalongan, Jawa Tengah.

"Selama ini kita di Indonesia hanya bisa membeli tapi tidak punya pusat maintenance. Weststar ini adalah perusahaan aviation terbesar di Asia Pasifik dan nomor empat di dunia. Mereka memiliki pusat perawatan dan simulasi," lanjut Sutrisno.

Sutrisno Bachir menambahkan bahwa Weststar mempunyai standar keamanan tinggi dalam mengoperasikan dan melakukan maintenance helikopter.

“Mereka menduduki ranking satu di Asia, kalau di dunia ranking tiga. Jadi kinerja Weststar ini tidak diragukan lagi kalau soal standar keselamatannya," tambah Bachir.

Menyinggung soal kapan penandatangan kesepahaman kerja atau MoU antara kedua belah pihak, baik Sutrisno Bachir maupun Justin Lim sepaham bahwa tidak akan ada penandatangan MoU. Mereka sepakat langsung membuat bisnis plan-nya dan langsung action.

"Sesuai dengan pemikiran pak Jokowi (Presiden RI), kita nggak ada penandatanganan MoU, jadi kita langsung bikin bisnis plan-nya saja dan langsung  kerja.  MoU nggak penting, buat apa kita bikin MoU tapi ujung ujungnya nggak dijalankan," tambah Sutrisno Bachir lagi.

Justin Lim juga mengatakan, "Seperti Pak Sutrisno Bachir katakan, kita akan langsung membuat bisnis plan-nya dan langsung kerja. Langkah awalnya kita akan membuat sebuah perusahaan bersama antara Weststar, Pak Sutrisno dan dengan saya." (Antara/OL-09)

 

 

 

Baca Juga

MI/ M Irfan

Menteri Edhy, Kok Satupun Peraturan Menteri KKP Belum Muncul

👤Hilda julaika 🕔Senin 06 April 2020, 19:35 WIB
Menteri KKP  diminta segera menerbitkan Permen yang belakangan sering disampaikan ke...
Istimewa/PLN

Token Listrik Gratis dan Diskon Bisa Diakses Melalu WhatsApp

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 April 2020, 19:25 WIB
Khusus 11 juta pelanggan yang menggunakan kWh meter prabayar, pelanggan akan mendapatkan token listrik berdasarkan penggunaan terbesar...
Istimewa/Kemenparekraf

Masyarakat Antusias Ikuti Gerakan Penggunaan Masker Kain

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 April 2020, 19:12 WIB
Juru Bicara Satgas Covid-19 Kemenparekraf Ari Juliano Gema mengatakan, masyarakat merespons positif gerakan masker kain untuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya