Senin 02 Maret 2020, 16:31 WIB

Miliki Gejala Batuk dan Demam, Warga Dianjurkan Periksa ke Faskes

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Miliki Gejala Batuk dan Demam, Warga Dianjurkan Periksa ke Faskes

MI/PUTRI ANISA YULIANI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga DKI yang punya gejala penyakit seperti virus korona segera memeriksakan diri.

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau warga DKI yang memiliki gejala penyakit yang mirip ditimbulkan oleh virus korona seperti batuk, flu, dan demam serta berinteraksi atau bepergian ke negara-negara yang sudah memiliki kasus korona, untuk memeriksakan diri ke fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada.

Menurut Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, pemeriksaan ini penting agar bisa mengantisipasi lebih awal mengenai penyebaran virus korona.

"Seluruh masyarakat yang merasa gejala atau menyaksikan orang menunjukkan gejala untuk lapor ke jajaran kami. Silahkan datangi puskesmas terdekat atau hubungi call center 112, kita gerak cepat semua fasilitas ditambah untuk respons ini termasuk ambulans untuk respons apabila ditemukan kasus," kata Anies dalam konferensi pers di Balai Kota, Senin (2/3).

Anies menegaskan faskes-faskes dan tenaga medis di DKI sudah siap untuk memeriksa kondisi pasien serta memberikan rujukan kepada pasien ke RS rujukan pusat.

"Lapor saja langsung. Tenaga medis akan langsung beri layanan. Tentu, tim kita akan merespons. Jangan anggap enteng gejala," ujarnya.

Ia juga menyebut untuk warga yang sudah berobat karena memiliki gejala itu untuk tetap tinggal di rumah dan mengurangi aktivitas di luar.

baca juga: RSUD di DKI Disiapkan Tangani Pasien Virus Korona

Warga juga diimbau untuk menjaga diri dengan sering mencuci tangan baik sebelum maupun sesudah beraktivitas. Selain itu, masyarakat diimbau menggunakan masker serta menjaga etika saat bersin maupun batuk.

"Ketika batuk atau bersin tutup mulut. Etika ini penting untuk mengurangi penyebaran virus," tegasnya.(OL-3)

Baca Juga

ANTARA/Hafidz Mubarak A

Satu Penggerak STM se-Jabodetabek Diburu Polisi

👤Siti Yona Hukmana 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 08:47 WIB
Dia adalah admin akun Facebook STM...
MI/ANDRI WIDIYANTO

UMP DKI 2021 Diperkirakan tidak Naik

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 08:39 WIB
Hal itu merupakan dampak wajar dari kondisi perekonomian di tengah pandemi covid-19 yang terpukul...
ANTARA/Hafidz Mubarak A

Ini Alasan DPRD Minta Dilibatkan dalam Penerapan PSBB

👤Kautsar Bobi 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 08:11 WIB
Gubernur DKI harus menginformasikan terlebih dahulu kepada DPRD terkait diterapkanya PSBB. Kemudian DPRD akan melakukan pendalaman terlebih...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya