Senin 02 Maret 2020, 14:20 WIB

Akan Efektif Cegah Penularan Virus Jika Cuci Tangan Seperti Ini

Melalusa Susthira K | Weekend
Akan Efektif Cegah Penularan Virus Jika Cuci Tangan Seperti Ini

Unsplash
Cara benar cuci tangan.

SEIRING dengan diumumkannya dua orang positif Covid-19 (korona) di Indonesia, masyarakat pun ramai membagikan cara-cara pencegahan penularan virus lewat medsos. Respon masyarakat ini pantas diapresiasi karena bentuk kesadaran bersama.

Salah satu cara pencegahan yang banyak dibagikan adalah mencuci tangan. Cara ini memang yang banyak direkomendasikan oleh petugas dan ahli kesehatan meski begitu masih banyak yang belum mengetahui cara mencuci tangan yang tepat.

Dilansir BBC News melalui akun instagram resminya, mncuci tangan yang tidak benar akan tetap meninggalkan kuman pada tangan. BBC News mewawancari ahli kesehatan dari University of Westminster, Inggris, Dr. Adele McCormick untuk mendemonstrasikan cara mencuci tangan yang benar dan menunjukkan perbedaan dampaknya dengan menggunakan lampu sinar UV.

Pada awalnya, McCormick menunjukkan kondisi tangan sebelum dicuci dan di bawah lampu terlihat jika kuman terdapat di banyak bagian tangan, termasuk punggung dan tepi kuku. 

Berikut cara mencuci tangan yang benar:

1. Wajib gunakan sabun
Setelah mengambil sabun beri sedikit air lalu gosok cairan sabun itu sehingga menghasilkan cairan yang cukup untuk keseluruhan tangan. 

2. Punggung tangan, antara jari, hingga kuku
Setelah cukup cairan sabun di telapak tangan sebarkan hingga ke punggung tangan dan gosok area tersebut. Kemudian gosok pula bagian diantara jari dan kuku anda sebaik mungkin.

3. Kembali ke telapak hingga pergelangan.
Gosok kembali area telapak tangan hingga pergelangan tangan. Lalu basuh tangan hingga bersih.

4. Tisu, bukan lap kain.
Keringkan tangan dengan tisu dan kemudian gunakan tisu pula untuk menutup keran. Setelah itu buang tisu pada tempatnya. Tisu sangat disarankan, dan jangan menggunakan lap atau handuk tangan bergantian karena itu akan menjadi media penularan virus.

Usai mencuci tangan dengan cara seksama itu tangan McCormick kembali disinari lampu UV dan tidak terlihat adanya sisa kuman. Hasil ini sangat berbeda dibanding mencuci tangan tanpa menggosok dengan seksama. Umumnya kuman akan tertinggal di punggung dan tepi kuku jika mencuci tangan tanpa digosok di bagian itu.


Selain itu ini beberapa himbauan penting tambahan dari McCormick:

1. Jangan menyentuh wajah, khususnya hidung, mata dan mulut
Menyentuh wajah disebutkan menjadi jalan paling mudah untuk tertular virus. Terkhusus menyentuh hidung, mata, dan mulut semakin mempermudah risiko tertular karena ketiga bagian itu merupakan jalan paling mudah masuknya kuman, baik virus maupun bakteri. 

Sebaliknya pula, pada ketiga bagian itu terdapat cairan tubuh. Dengan begitu, jika anda sakit, cairan tubuh itu juga menjadi jalan untuk menularkan penyakit.

Peringatan untuk tidak menyentuh wajah ini juga disebarluaskan oleh Menteri Kesehatan Singapura. Menurutnya, cara ini krusial untuk tidak mempermudah penularan virus.


2. Virus dapat bertahan beberapa jam di luar tubuh
Sebab itu jangan merasa cukup hanya mencuci tangan sesekali saja. Baik anda sehat maupun sakit, sering-seringlah mencuci tangan agar penularan virus semakin terminimalisasi. (M-1)

Baca Juga

ALERIE MACON / AFP

Sejumlah Museum Terancam Tutup Permanen Pasca Pandemi Covid-19

👤Fathurrozak 🕔Minggu 31 Mei 2020, 20:22 WIB
UNESCO dan ICOM memprediksi museum-museum yang berada di Afrika, Asia, dan negara-negara Arab lebih berisiko tutup daripada museum di Eropa...
Juni Kriswanto / AFP

Kesembuhan Nenek asal Jatim dari Covid 19 Viral di Luar Negeri

👤Adiyanto 🕔Minggu 31 Mei 2020, 20:00 WIB
Siti Aminah, menantu Kamtim menyatakan, kesembuhan mertuanya lantaran dia disiplin dan bersemangat selama...
Dok. Pribadi

Bidasan Bahasa Normal Baru

👤Suprianto Annaf Redaktur Bahasa Media Indonesia 🕔Minggu 31 Mei 2020, 05:55 WIB
Masyarakat kenormalan baru berperilaku hidup lebih sehat. Bukan individualistis, koruptif, sekuler, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya