Senin 02 Maret 2020, 12:00 WIB

Dua Penyintas Kanker Ini Tetap Sehat Karena Rutin Berobat

Eni Kartinah | Humaniora
Dua Penyintas Kanker Ini Tetap Sehat Karena Rutin Berobat

Istimewa
Karlina,75, (kanan) dan Citra,43, dari Siloam Cancer Support Community senantiasa berbagi pengalaman dalam memerangi bahaya kanker.

 

DUA wakil dari Siloam Cancer Support Community (SCSC) berbagi pengalaman dalam menjalani terapi penyembuhan penyakit kancer.  Keduanya adalah Ibu Karlina Jayanegara,75, dan Ibu Citra Dewi,43.

"Awalnya kaget dan merasa takut ketika kami positif didiagnosa terkena kanker payudara. Perasaan campur aduk karena sedih dan kecewa," ungkap Karlina usai mengikut World Cancer Day, kerja sama Siloam Hospitals TB Simatupang bersama SCSC, Sabtu (28/02) di Siloam TB Simatupang.

Namun, support penuh yang diterima Ketua Umum SCSC ini dari pihak keluarga dan para sahabat membuatnya  yakin mampu melalui proses penyembuhan.

"Kami sangat bersyukur atas dukungan yang diberikan, terutama pelayanan dari dokter di Siloam hingga dukungan keluarga dan sahabat. Itu menjadi motivasi saya agar kembali sembuh dan sehat, terutama rutin berobat dan selalu berdoa," kata Karlina yang telah empat tahun sembuh dari kanker payudara.

Pada kesempatan yang sama, Citra Dewi yang telah melewati masa krisis kanker pada 2016 lalu ikut menyarankan agar deteksi dini itu sangat perlu.

"Deteksi dini. Ini harus. Terutama kepada wanita. Karena kanker tidak pandang usia. Saya positif terkena kanker berkat deteksi dini ketika ditemukan benjolan disekitar tubuh saya," ungkap Citra yang merupakan wakil ketua SCSC itu ikut mengingatkan. 

Siloam Cancer Support Community merupakan komunitas sosial yang bertujuan untuk saling berbagi informasi melalui ragam kegiatan dan donasi. Melalui Siloam Hospitals TB Simatupang berdiri sejak 23 Oktober 2017. Komunitas ini diharapkan dapat membantu para penderita kanker melawan penyakitnya.

“Dengan adanya Siloam Cancer Support Community, para pasien bisa saling sharing mengenai penyakitnya. Apalagi ada pasien yang sudah melewati sakitnya, ketika sudah sharing mereka menjadi termotivasi,” imbuh Karlina menutup perbincangan usai mengikut World Cancer Day melalui tema 'Inspire Action, Take Action'. (OL-09)

Baca Juga

Istimewa

Mumpung Di Rumah Saja, Saatnya Mengasah Kemampuan Berbisnis

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 April 2020, 08:22 WIB
Danar mengajak para pelaku UMKM, terutama kaum milenial yang saat ini sedang terdampak usahanya untuk memanfaatkan platform online...
MI/TRI SUBARKAH

Aduh, Ini mah Malah Tambah Penyakit

👤Tri Subarkah/X-7 🕔Selasa 07 April 2020, 07:20 WIB
Para pasien beserta pendamping mereka antre proses screening saat berobat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta,...
Ebet

Polusi Udara Tingkatkan Risiko Demensia

👤Daily Mail/Nur/X-3 🕔Selasa 07 April 2020, 06:20 WIB
Kami dapat menemukan 364 kasus demensia. Kami mengamati bahwa mereka yang menderita demensia terpapar pada tingkat polusi udara yang lebih...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya