Senin 02 Maret 2020, 11:34 WIB

Pemerintah Diminta Buka Data Penanggulangan Virus Korona

Anggitondi Martaon | Humaniora
Pemerintah Diminta Buka Data Penanggulangan Virus Korona

ANTARA/Aswaddy Hamid
Sejumlah penumpang kapal dari Malaysia berjalan menuju terminal kedatangan Pelabuhan Internasional PT Pelindo I Dumai di Dumai, Riau.

 

PEMERINTAH diminta membuka data terkait penanggulangan virus korona (COVID-19). Hal itu perlu dilakukan untuk menjawab keraguan dunia.

"Saya minta kementerian kesehatan tidak menutup data-data kondisi real yang ada di Indonesia," kata Wakil Ketua Komisi IX Nihayatul Wafiroh, Senin (2/3).

Menurutnya, eksekutif, dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes), belum sekali pun menyampaikan data resmi penanggulangan virus korona di Indonesia. Seperti yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca juga: Pemerintah Harus Tegaskan Status RI Terkait Virus Korona

"Secara resmi saya belum melihat pernyataan dari Menkes (Menteri Kesehatan) bahwa ada beberapa orang yang masuk observasi karena suspect korona seperti yang disampaikan Anies Baswedan," ungkap dia.

Jangan sampai sikap pemerintah yang cenderung tertutup itu lantas membuat masyarakat terlena. Dia tidak ingin sikap tersebut justru membuat masyarakat terlena.

"Jangan sampai masyarakat dininabobokan dengan berfikir tidak ada orang yang kena korona, tapi ternyata kondisinya seperti itu," ujar dia.

Kasus virus korona berkembang cukup cepat. Hingga saat ini, virus tersebut sudah masuk ke 64 negara.

Jumlah kasus yang telah terkonfirmasi di seluruh dunia sebanyak 86.986. Dari jumlah tersebut, angka kematian mencapai 2.979 kematian. Sementara 42.294 pasien berhasil disembuhkan. (OL-1)

Baca Juga

AFP/Lakruwan Wanniarachchi

Penelitian Covid-19, Indonesia Kerja Bareng Lembaga Sains Austral

👤Antara 🕔Selasa 14 Juli 2020, 21:20 WIB
Kemitraan ini akan mengacu pada respons covid-19 CSIRO, termasuk keahlian dalam membangun model pengujian vaksin, dan analisis...
Dok. Pribadi

Angka Stunting masih Tinggi, Konsumsi Suplemen Bisa Jadi Pilihan

👤Wisnu AS 🕔Selasa 14 Juli 2020, 21:12 WIB
Onoiwa dan Onoake, keduanya merupakan suplemen untuk mencegah stunting pada...
Antara

Peringatan! Zona Merah masih Tersebar di 55 Kabupaten/Kota

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 14 Juli 2020, 21:03 WIB
Di akhir Mei zona merah (risiko tinggi) tersebar di 108 kabupaten/kota, kini per tanggal 12 Juli 2020 zona merah hanya tersebar di 55...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya