Senin 02 Maret 2020, 08:00 WIB

Warga Korban Banjir Bakal Beri Keterangan Pada Pansus

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Warga Korban Banjir Bakal Beri Keterangan Pada Pansus

MI/ANDRI WIDIYANTO
Warga mulai membersihkan rumahnya yang terendam banjir di kawasan Rorotan, Jakarta Utara, Rabu (26/2).

 

WARGA yang pernah menjadi korban banjir akan turut dilibatkan dalam proses pemeriksaan Panitia Khusus (pansus) banjir yang dilakukan DPRD DKI Jakarta.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani menyebut setelah pansus terbentuk, banyak pihak yang akan dilibatkan dalam pemeriksaan guna menghasilkan rekomendasi bagi Pemprov DKI dalam mengatasi banjir.

"Ya tentu banyak, warga-warga yang sebelumnya terkena banjir, mereka kita panggil juga untuk mengetahui apa yang sudah mereka alami, kerugian mereka," kata Zita saat dihubungi Media Indonesia, Minggu (1/3) malam.

Politikus Partai Amanat Nasional itu menegaskan pendapat warga yang menjadi korban sangat penting guna mengetahui pasti penyebab banjir dan upaya yang dilakukan pemerintah.

Baca juga: Bukan Cuma Anies, Ketua DPRD Ikut Imbau Warga DKI Waspada Banjir

Selain itu, Zita yang dipastikan menjadi salah satu anggota pansus juga menjabarkan akan memanggil para ahli.

"Kita akan panggil para ahli. Tapi itu setelah pemanggilan SKPD terkait," ungkapnya.

Hasil dari pemeriksaan pansus itu, kata Zita, ialah rekomendasi yang bisa diterjemahkan dalam kegiatan di APBD perubahan tahun ini maupun APBD tahun depan.

"Setelah itu, kami akan evaluasi. Finally, kami akan kasih bentuknya rekomendasi. Rekomendasi itu apa-apa saja yang dilakukan untuk APBD-P dan juga APBD tahun selanjutnya," pungkasnya.

Zita merencanakan, Senin (2/3), telah terkumpul nama-nama para perwakilan dari sembilan fraksi yang ada di DPRD DKI untuk dijadikan anggota pansus banjir.

"Dari hasil komunikasi, para fraksi itu sudah ada nama. Tapi karena terbentur Sabtu-Minggu jadi mereka tidak bisa bersurat. Mungkin Senin pas hari kerja," terangnya.

Sebelumnya, DPRD DKI Jakarta merencanakan membentuk pansus guna menyelidiki terjadinya banjir di Jakarta yang terjadi tujuh kali sejak Januari lalu.

Banjir yang timbul tidak hanya saat ada air kiriman dari hulu tetapi juga saat Ibu Kota dilanda hujan lokal. Banjir yang terjadi dinilai sudah terlampau sering dan membuat warga tidak nyaman akibat rasa khawatir akan banjir tiap hujan turun. (OL-1)

Baca Juga

Medcom.id

Hasil Autopsi Yodi, Polisi Juga Temukan Bekas Pukul

👤Tri Subarkah 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 15:27 WIB
Terdapat luka lebam yang diakibatkan benda tumpul. Luka tersebut terletak di bagian...
Dok. PWI Jaya

PWI Jaya Minta Polisi Ungkap Pembunuhan Editor Metro TV

👤media indonesia 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 14:50 WIB
PWI Provinsi DKI Jakarta meminta aparat kepolisian mengusut tuntas peristiwa pembunuhan Yodi Prabowo, editor Metro TV yang ditemukan tewas...
Dok.MI

Maraton Usut Kematian Yodi, Polisi sudah Periksa 16 Saksi

👤 Tri Subarkah 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 14:40 WIB
Yusri Yunus mengatakan para saksi yang diperiksa merupakan anggota keluarga serta orang-orang terdekat yang mengenal...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya