Minggu 01 Maret 2020, 21:24 WIB

Microsoft Dinilai Bisa Datangkan Raksasa Teknologi Lain Ke RI

Putra Ananda | Ekonomi
Microsoft Dinilai Bisa Datangkan Raksasa Teknologi Lain Ke RI

AFP/jason Redmond
Logo Microsoft

 

EKONOM Universitas Indonesia Fithra Faisal menyebut pemerintah harus bisa menjamin rencana investasi Microsoft terwujud. Hal tersebut dikarenakan dalam beberapa tahun mendatang bisnis yang bergerak di bidang teknologi dan informasi memiliki prospek yang baik.

"Pertumbuhan sektor jasa informasi ini cukup signifikan. Kalau kita lihat pertunbuhannya selalu berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional," tutur Fithra saat dihubungi di Jakarta, Minggu (1/3).

Kedatangan Microsoft ke Indonesia akan menimbulkan efek domino yang positif. Fithra menyebut, Microsoft sebagai perusahaan teknologi informasi raksasa di tingkat global akan mampu mengundang investor-investor lain untuk memanfaatkan potensi pasar TI di Indonesia.

"Microsoft sebagai elading sektor IT secara global ini pasti akan mengundang yang lain. Ini yang harus diperhatikan," tuturnya.

Untuk itu, Fithra menilai pemerintah wajib mempermudah atau membuat regulasi yang ramah bagi para investor yang ingin bergerak di bidang pengelolaan data center atau pusat data di Indonesia.

Baca juga : Sambut Microsoft, Pemerintah Siapkan Aturan Investasi Data Center

Sektor jasa teknologi informasi merupakan salah satu sektor kunci dalam pertumuhan ekonomi nasional.

"Sektor jasa inforasi ini pertumbuhanya sangat significan. Sektor informasi ini merupakan salah satu sektor kunci yang memiliki keterkaitan antarsektor," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemerintah memberi tenggat selama 1 minggu untuk menyelesaikan aturan terkait pusat data di Indonesia

Percepatan aturan ini berkaitan dengan janji Jokowi kepada Microsoft yang berencana untuk membangun data center di Indonesia. (OL-7)

Baca Juga

DOK: SINAR MAS LAND

Sinar Mas Land Serahkan 1.500 Rapid Test Kit

👤RO 🕔Rabu 08 April 2020, 20:15 WIB
RTK ini merupakan bagian dari 25.000 alat yang dibagikan kepada Kementerian Kesehatan dan beberapa pemerintah daerah serta instansi...
Antara/Adeng Bustomi

Duh Covid, Sebanyak 1,2 Juta Orang Telah Kehilangan Pekerjaan

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 08 April 2020, 20:10 WIB
Dari sektor formal, pekerja yang dirumahkan dan alami PHK sebanyak 1.010.579...
DOK KEMENTAN

Mentan SYL Cek Stok Gula dan 250 Ribu Ton Siap Diguyur ke Pasar

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 April 2020, 17:24 WIB
Mentan Syahrul menerangkan bahwa sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, seluruh Menteri harus turun ke lapangan melakukan validasi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya