Minggu 01 Maret 2020, 21:08 WIB

Eratkan RI-Afghanistan, Retno Terima Bintang Kehormatan Malalai

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Eratkan RI-Afghanistan, Retno Terima Bintang Kehormatan Malalai

Dok Kemenlu RI
Menteri Luar Negeri retno Marsudi menerima bintang kehormatan Malalai dari Presiden Afghanistan Ashraf Ghani

 

KUNJUNGAN kerja Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ke Afghanistan menjadi istimewa karena Retno dianugerahi bintang kehormatan Malalai oleh Presiden Afghanistan Ashraf Ghani di Kabul, Afghanistan, Minggu (1/3).

Ghani mengatakan, penghargaan itu diberikan atas kerja keras terus menerus Retni dalam memajukan kerja sama bilateral kedua negara.

"Juga membangun rasa percaya antara Indonesia dan Afghanistan, serta membangun perdamaian di kawasan dan dunia. saya dengan hormat menganugerahkan Bintang Kehormatan Malalai kepada Menlu Retno Marsudi," kata Ashraf Ghani dalam siaran pers Kementerian Luar Negeri RI.

Bintang Penghargaan Malalai adalah salah satu bintang penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Pemerintah Afghanistan kepada tokoh Afghanistan maupun internasional yang telah memberikan kontribusi luar biasa kepada Afghanistan.

Baca juga : Perdamaian AS-Taliban Diharapkan Bawa Perdamaian di Asia Tengah

Nama Malalai sendiri diambil dari nama salah seorang Pahlawan Nasional wanita Afghanistan, Malalai Ana, yang memimpin perjuangan rakyat Afghanistan melawan penjajahan Inggris pada 1880.

Dalam pertemuan dengan Ghani, Retno menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk membantu proses perdamaian di Afghanistan.

Realisasi komitmen itu akan berwujud dialog ulama lewat Konferensi Ulama di Indonesia pada tahun ini. Selain itu, perdamaian juga akan dirintis melalui Jaringan Solidaritas Wanita Afghanistan-Indonesia, yang baru saja diresmikan.

“Rakyat Indonesia senantiasa akan bersama rakyat Afghanistan untuk perdamaian yang lestari di Afghanistan,” tutup Retno. (OL-7)

Baca Juga

AFP/Mahmud Turkia

Libia Diserang Roket, Sejumlah Warga Sipil Tewas

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Senin 01 Juni 2020, 13:47 WIB
Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) menyalahkan pasukan saingan pimpinan panglima Khalifa Haftar atas serangan...
Twitter @blackbirds

Dukung #BlackLivesMatter, Twitter Ajak Publik Lawan Rasisme

👤Rudy Polycarpus 🕔Senin 01 Juni 2020, 13:05 WIB
"Penting untuk terlebih dahulu memahami konteks historis dan struktural yang mengarah pada rasisme dan diskriminasi yang sudah...
AFP/YURI CORTEZ

​​​​​​​Badai Mematikan Amanda Ciptakan Kehancuran di El Salvador

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Senin 01 Juni 2020, 13:00 WIB
Presiden El Salvador Nayib Bukele menyatakan keadaan darurat selama 15 hari untuk mengatasi dampak badai, yang kekuatannya berangsur...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya