Minggu 01 Maret 2020, 19:58 WIB

Riko Simanjuntak Tampil Apik, Persija Kandaskan Borneo FC

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola
Riko Simanjuntak Tampil Apik, Persija Kandaskan Borneo FC

Antara/Aditya Pradana Putra
Pemain Persija Evan Dimas dan Riko Simanjuntak merayakan gol ke gawang Borneo FC

 

KLUB Ibu kota Persija Jakarta mengawali Liga 1 2020 dengan kemenangan. Tim berjuluk Macan Kemayoran itu sukses menandaskan perlawanan Borneo FC dengan skor akhir 3-2.

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (1/2), Persija tampil impresif di hadapan pendukungnya.

Adalah sayap Persija Riko Simanjuntak yang kerap merepotkan pertahanan Borneo.

Namun, di babak pertama, tim Pesut Etam mendominasi laga dengan serangan bertubi-tubi.

Kans didapatkan Guy Junior yang melancarkan tendangan jarak jauh. Namun, tendangannya masih lemah mengarah ke Andritany Ardhiyasa.

Baca juga : Incar 8 Besar Liga 1, PSIS Evaluasi Besar-Besaran

Agar tak terus-menerus ditekan tim tamu, pelatih Sergio Farias melakukan pergantian di menit ke-19.

Gelandang Sandi Sute digantikan oleh Evan Dimas Darmono. Pergantian tersebut sejatinya menimbulkan insiden. Pasalnya, Sandi berang dirinya diganti di awal pertandingan oleh Farias.

Ia terlihat meluapkan emosi dengan melempar botol minuman di pinggir lapangan.

Kembali ke laga, eks pemain Juventus Marco Motta mengirim umpan tarik dan bisa diselesaikan dengan jitu oleh Osvaldo Haay di menit ke-21.

Tak puas sampai di situ, Osvaldo kembali mencetak gol si menit 26'. Namun, gol keduanya dianulir oleh wasit lantaran dorinya sudah dalam posisi offside.

Tim Macan Kemayoran kembali mengaum pada menit ke-36 melalui aksi Riko. Pemain dengan nomor punggung 26 itu menyodorkan umpan akurat yang langsung dimanfaatkan Marko Simic menjadi gol.

Di babak kedua, kiper Borneo, Gianluca, melakukan penyelamatan penting. Pada menit ke-60, dia melakukan penyelamatan hingga kepalanya berdarah karena membentur tiang kanan gawang.

Borneo akhirnya membalas ketertinggalan melalui aksi Francisco Torres. Umpan silang Dedi Hartono bisa diselesaikan Torres dengan tandukkan untuk menjebol gawang Andritany.

Skor 2-1 nampaknya dinilai berbahaya bagi Farias. Ia pun meminta anak asuhnya untuk tampil lebih agresif.

Riko kembali menjadi sosok dibalik gol-gol yamg diciptakan Persija. Lewat serangan balik cepat, Riko memberi umpan terobosan untuk Evan Dima yang mengarahkan bola ke sisi tiang dekat untuk menjebol gawang Borneo di menit ke-86.

Lemahnya barisan pertahanan Persija baru bisa dimanfaatkan Borneo di masa injury time. Borneo mampu memperkecil ketertinggalan berkat umpan Terens Puhiri yang salah diantisipasi Ryuji Utomo malah masuk ke gawang sendiri.

Hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya laga, Macan Kemayoran menjaga keunggulan 3-2 atas Borneo.

Pelatih Borneo, Edson Tavares mengakui Riko tampil menjadi pembeda di laga kali ini.

"Saya tidak berpikir pemain baru Persija yang buat perbedaan. Saya pikir Riko sekali lagi yang buat perbedaan dalam pertandingan," ujar eks pelatih Persija musim lalu itu.

Baca juga : PSSI Lampung Dukung Perseru-Serui Bermarkas di Bandar Lampung

Ia pun cukup terkejut dengan aksi permainan Persija yang malah mengandalkan serangan balik ketimbang rajin menyerang.

"Apa yang mengejutkan saya adalah persija menginvestasikan banyak dana tahun ini dan mereka bermain di kandang, justru mereka bermain serangan balik," ucapnya.

Ia juga mengakui bahwa timnya kalah karena tak bisa memanfaatkan peluang yang ada.

"Tadi kedua tim ada keseimbangan tampil menyerang. Perbedaan adalah finishing touch. Di mana Persija mereka punya peluang dan ada penyelesaian yang baik," ucapnya.

Dengan kemenangan ini, Persija berada di deretan puncak klasemen Liga 1 dengan mengumpulkan tiga poin, sama dengan Persipura dan Madura United. Sementara itu, Borneo ada di posisi ke-16. (OL-7)

Baca Juga

AFP/GABRIEL BOUYS

Kroos tidak Setuju Gaji Pemain Dipotong karena Covid-19

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 08 April 2020, 12:54 WIB
Pemain timnas Jerman itu mengatakan ketimbang memotong gaji pemain, lebih baik pemain diberi gaji penuh sehingga mereka bisa mendonasikan...
AFP/Oli SCARFF

Henderson Dinilai belum Layak Gantikan De Gea

👤Kautsar Halim 🕔Rabu 08 April 2020, 11:14 WIB
Terhitung dalam 27 kali penampilan di Liga Primer Inggris musim ini, Henderson membawa Sheffield baru kebobolan 22 gol dan sukses dibuatnya...
AFP/Christof STACHE

Flick Siapkan Diri Bermain di Stadion Kosong

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 08 April 2020, 11:05 WIB
Mayoritas dari 18 klub Bundesliga telah kembali berlatih untuk pertama kali pada Senin (6/4) setelah kompetisi dibekukan sejak pertengahan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya