Minggu 01 Maret 2020, 19:38 WIB

Jaga Kekebalan Tubuh, Cara Ampuh Tangkal Infeksi Virus Korona

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Jaga Kekebalan Tubuh, Cara Ampuh Tangkal Infeksi Virus Korona

Antara
Lembaga Eijkman menyebutkan, saat berada di tempat umum kemudian menyentuh benda seperti pintu atau tombol lift sebaiknya cuci tangan dulu.

 

TERKAIT kasus wabah virus korona (Covid-19) yang meningkat drastis di sejumlah negara, Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio menyampaikan kepada masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga kesehatan.

"Masyarakat harus tetap menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, tidak hanya virus korona tetapi virus atau bakteri lainnya," kata Amin kepada Media Indonesia, Minggu (1/3).

Baca juga: Wabah Korona di Tiongkok Mereda, Eijkman: Itu Siklus Epideminya!

Ia memastikan wabah virus yang mengancam manusia tidak hanya virus korona tetapi juga virus influenza yang bisa menyebabkan gejala yang cukup parah.

Amin juga menegaskan, apabila sudah diketahui ada satu kota di luar negeri yang warganya terinfeksi virus korona, sebaiknya masyarakat Indonesia menunda kunjungan ke wilayah tersebut.

Baca juga:69 WNI ABK Kapal Diamond Princess Siap Dipulangkan

"Karena kita belum tahu banyaknya orang yang tertular namun tidak menimbulkan gejalanya. Kalau memang harus mengunjungi, terpaksa harus selalu mengunakan masker kemana saja dan menjaga kebersihan, serta hindari kerumuman orang," lanjutnya.

Lebih jauh Amin meminta masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir untuk beraktivitas secara normal di Tanah Air. Pasalnya, tidak ada kasus Covid-19 yang ditemukan positif di Indonesia.

"Sampai saat ini kita belum menemukan kasus yang positif yang ada Indonesia. Akan tetapi, (tetap berjaga-jaga) ketika berada di tempat umum, kemudian menyentuh benda-benda seperti permukaan meja, pintu, atau tombol lift sebaiknya cuci tangan dulu sebelum menyentuh wajah," papar dia. (Fer/A-3)

Baca Juga

MI/ Adi Kristiadi

Minim APD, Petugas Medis di Kalsel Terpaksa Pakai Jas Hujan

👤Denny Susanto 🕔Minggu 05 April 2020, 23:30 WIB
Kalau para tenaga medis terpapar korona, lalu siapa yang akan menyembuhkan...
Ilustrasi

IDI Catat Total 24 Dokter Meninggal Terkait Covid-19

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Minggu 05 April 2020, 22:54 WIB
Di antara para korban yang meninggal akibat Covid-19, terdapat tenaga medis yang telah berjuang di garda depan untuk merawat para...
MI/ Ramdani

MPR Minta Pemerintah Lindungi Tenaga Medis Secara Maksimal

👤Ade Alawi 🕔Minggu 05 April 2020, 22:43 WIB
Menurutnya, sebagai garda terdepan dalam penanganan wabah Covid-19 ini, dokter dan para tenaga kesehatan adalah kelompok yang paling rawan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya