Minggu 01 Maret 2020, 15:37 WIB

179 Pasangan Calon Perseorangan Maju pada Pilkada 2020

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
179 Pasangan Calon Perseorangan Maju pada Pilkada 2020

Antara
Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik.

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) telah kembali memperbarui data bakal calon perseorangan. Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik menuturkan masa pengecekan syarat dukungan dan sebaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati/Wali Kota dan Wakil Wali Kota telah berakhir.

Dari data 181 pasangan calon perseorangan di tingkat kabupaten/kota, ada dua akun yang ganda yakni Provinsi Sulawesi Tengah dan Papua Barat.

Evi menyampaikan ada 179 pasangan calon perseroangan yang tersisa kabupaten atau kota dari 261 kabupaten atau kota yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah.

Ia menyampaikan bahwa sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 16 Tahun 2019, tahapan setelah dilaksanakannya pengecekan jumlah dukungan dan sebaran, KPU kabupaten/kota akan melakukan verifikasi administrasi.

"Verifikasi administrasi dimulai pada tanggal 27 Februari sampai dengan 25 Maret 2020," ujar Evi di Jakarta, Jumat (28/2).

Ia menyebut verifikasi administrasi meliputi pencocokan kesesuaian Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir dan alamat pendukung pada Formulir Model B.1-KWK Perseorangan dengan fotokopi KTP elektronik atau surat keterangan.

Menurut Evi, verifikasi kesesuaian antara formulir Model B.1-KWK perseorangan dengan daftar pemiliha tetap pada pemilu atau pemilihan terakhir dan/atau daftar penduduk potensial pemilih pemilihan, verifikasi kesesuaian antara alamat pendukung dengan daerah pemilihan, verifikasi kesesuaian alamat pendukung dengan wilayah administrasi PPS, verifikasi identitas kependudukan untuk memastikan pemenuhan syarat usia pendukung dan/atau status perwakinan serta dan verifikasi terhadap dugaan dukungan. (Ind/OL-09)

Baca Juga

Medcom.id/ Ilham Wibowo

Polisi Tangkap Pelaku Penghina Jokowi

👤tri/P-5 🕔Selasa 07 April 2020, 07:45 WIB
Dari hasil pemeriksaan, motif tersangka adalah menyebarluaskan paham yang diyakininya, yang ini beberapa paham yang...
PARLEMEN/MARIO

Pangeran Khairul Saleh Gantikan Mulfachri

👤Pro/Ant/P-5 🕔Selasa 07 April 2020, 07:40 WIB
Pangeran menggantikan Mulfachri Harahap berdasarkan keputusan Ketua Fraksi PAN Hanafi Rais dan Sekretaris Fraksi PAN Ahmad...
Dok Kementerian PUPR

Dana Ibu Kota Baru untuk Lawan Korona

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 07 April 2020, 07:30 WIB
Komisi II meminta pemerintah mengalihkan dana pembangunan ibu kota negara baru untuk penanganan pandemi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya