Minggu 01 Maret 2020, 13:52 WIB

69 WNI ABK Kapal Diamond Princess Siap Dipulangkan

Mediaindonesia.com | Internasional
69 WNI ABK Kapal Diamond Princess Siap Dipulangkan

DOK KBRI TOKYO
Proses evakuasi 69 ABK setelah dikarantina lebih dari dua minggu dari Kapal Diamond Princess di Yokohama, Minggu (1/3/2020).

 


WARGA Negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai anak buah kapal Diamond Princess yang telah menjalani karantina di kapal Diamond Princess di Yokohama, selama dua pekan lebih kini dalam tahap proses pemulangan ke Tanah Air.

Dalam rilis yang dikirim Kementerian Luar Negeri RI, Minggu (1/3),  tim gabungan  yang terdiri dari TNI, Kemenkes, Kemenlu RI dan KBRI Tokyo didukung sepenuhnya oleh Kemlu Jepang serta Aparat Kesehatan Jepang dalam proses pemulangan ini.

Setelah makan hidangan santap siang yang dikirim oleh KBRI Tokyo, WNI ABK tersebut turun satu persatu untuk diukur suhu tubuhnya. Mereka yang suhunya lebih panas dari angka yang ditetapkan oleh Protokol Kesehatan Indonesia diminta untuk kembali ke kapal.

Total 69 WNI ABK kapal Diamond Princess yang secara sukarela mengikuti proses pemulangan ini telah meninggalkan Kapal Diamond Princess menggunakan bis untuk segera boarding di pesawat charter yang telah menunggu.

baca juga: Evakuasi WNI dari Kapal Diamond Princess Tiba Malam Ini

"Pemerintah Indonesia mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Jepang yang telah mendukung proses pemulangan ini," demikian penjelasan Kementerian Luar Negeri RI.

Kemlu RI juga berterima kasih kepada beberapa pihak yang langsung terlibat di lapangan, antara lain Kemlu Jepang, Japan Self Defense Force (JSDF), manajemen Princess Cruises serta Polisi Metropolitan Tokyo. (OL-3)

 

 

Baca Juga

AFP/JACK GUEZ

Israel Perketat Lockdown di Bnei Brak

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 05 April 2020, 12:55 WIB
Mulai Minggu (5/4) pagi, pasukan polisi dan militer memblokade akses ke Route 481, sebuah arteri area metropolitan utama Tel Aviv yang...
AFP/FRANCK FIFE

Renault Siapkan 1.300 Mobil Antar Jemput Tenaga Medis Prancis

👤Antara 🕔Minggu 05 April 2020, 12:15 WIB
Layanan penyediaan mobil listrik ini yang disajikan sejak Februari lalu itu, sedang diadaptasi untuk menawarkan hingga 300 mobil Renault...
AFP/Prakash SINGH

Modi Minta Warga India Usir Covid-19 dengan Cahaya

👤Willy Haryono 🕔Minggu 05 April 2020, 11:30 WIB
"Pada 5 April pukul 21.00, matikan semua lampu di rumah kalian. Berdiri di depan pintu atau balok dan nyalakan lilin atau diyas (lampu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya