Minggu 01 Maret 2020, 13:52 WIB

69 WNI ABK Kapal Diamond Princess Siap Dipulangkan

Mediaindonesia.com | Internasional
69 WNI ABK Kapal Diamond Princess Siap Dipulangkan

DOK KBRI TOKYO
Proses evakuasi 69 ABK setelah dikarantina lebih dari dua minggu dari Kapal Diamond Princess di Yokohama, Minggu (1/3/2020).

 


WARGA Negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai anak buah kapal Diamond Princess yang telah menjalani karantina di kapal Diamond Princess di Yokohama, selama dua pekan lebih kini dalam tahap proses pemulangan ke Tanah Air.

Dalam rilis yang dikirim Kementerian Luar Negeri RI, Minggu (1/3),  tim gabungan  yang terdiri dari TNI, Kemenkes, Kemenlu RI dan KBRI Tokyo didukung sepenuhnya oleh Kemlu Jepang serta Aparat Kesehatan Jepang dalam proses pemulangan ini.

Setelah makan hidangan santap siang yang dikirim oleh KBRI Tokyo, WNI ABK tersebut turun satu persatu untuk diukur suhu tubuhnya. Mereka yang suhunya lebih panas dari angka yang ditetapkan oleh Protokol Kesehatan Indonesia diminta untuk kembali ke kapal.

Total 69 WNI ABK kapal Diamond Princess yang secara sukarela mengikuti proses pemulangan ini telah meninggalkan Kapal Diamond Princess menggunakan bis untuk segera boarding di pesawat charter yang telah menunggu.

baca juga: Evakuasi WNI dari Kapal Diamond Princess Tiba Malam Ini

"Pemerintah Indonesia mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Jepang yang telah mendukung proses pemulangan ini," demikian penjelasan Kementerian Luar Negeri RI.

Kemlu RI juga berterima kasih kepada beberapa pihak yang langsung terlibat di lapangan, antara lain Kemlu Jepang, Japan Self Defense Force (JSDF), manajemen Princess Cruises serta Polisi Metropolitan Tokyo. (OL-3)

 

 

Baca Juga

AFP/LIZABETH MENZIES

Perawatan Covid-19 Regeneron Memasuki Percobaan Tahap Akhir

👤Dwi Tupani 🕔Senin 06 Juli 2020, 21:49 WIB
Perusahaan sedang bergerak ke tahap akhir yaitu tahap 3 percobaan untuk menentukan apakah obatnya dapat mencegah infeksi di antara orang...
Dok MI

Kemitraan Ekonomi Indonesia- Australia Dimulai Pekan Ini

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Juli 2020, 19:35 WIB
“Dimulainya IA-CEPA menjadi peluang utama untuk memulai ekonomi babak baru dengan salah satu tetangga terdekat kami dan kedepannya...
AFP Photo/Hand out  Hong Kong Information Service Department

UU Keamanan Nasional Hong Kong Berlaku, Ini Penjelasan Dubes RRT

👤Faustinus Nua 🕔Senin 06 Juli 2020, 18:43 WIB
Xiao Qian menjelaskan bahwa UU tersebut untuk menutup celah adanya daerah yang tak tersentuh hukum. Hong Kong merupakan bagian dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya