Minggu 01 Maret 2020, 07:30 WIB

Uang Teman Disuntik Pendanaan Seri B2 dari Perusahaan Jepang

(Gan/E-3) | Ekonomi
Uang Teman Disuntik Pendanaan Seri B2 dari Perusahaan Jepang

ANTARA FOTO/Zabur Karuru/ama
Pengendara ojek daring bersiap menggelar aksi konvoi saat sosialisasi layanan aplikasi UangTeman di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (18/10/2018)

 

Perusahaan teknologi finansial (tekfin) Uang Teman mendapat suntikan dana segar dari ACA Investment, anak perusahaan asal Jepang Daiwa Securities Group Inc.

Selain dari ACA Investment yang telah menuntaskan pendanaan Seri B2, sejumlah perusahaan seperti Silicon Valley, Pegasus Tech Ventures, serta perusahaan modal ventura Jepang, Spiral Ventures, juga turut berpartisipasi dalam pendanaan Seri B2 tersebut.

Presiden Direktur dan Pendiri Uang Teman, Aidil Zulkifli, mengatakan suntikan dana segar tersebut membuktikan Uang Teman semakin menancapkan posisinya di industri pinjaman tekfin (fintech lending) Indonesia. Pada pertengahan tahun lalu, Uang Teman juga telah mendapatkan status sebagai platform fintech lending yang berizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Ke depan, perusahaan akan lebih fokus meningkatkan profitabilitas dan kinerja keuangan sebagai prioritas utama," ungkap Aidil dalam keterangan resmi, kemarin.

Menurut Aidil, inti kelangsungan bisnis rintisan (startup) dan lainnya ialah fundamental ekonomi dan keberlanjutannya dalam jangka panjang. Oleh karena itu, pihaknya bersyukur memiliki mitra baru yang tidak hanya membawa permodalan, tetapi juga memberikan dukungan kuat dan membimbing.

Selain itu, lanjut Aidil, pihaknya juga akan fokus dalam menyalurkan pinjaman dengan prinsip socially responsible (bertanggung jawab sosial). Perusahaan rintisannya itu tidak hanya mengejar volume pertumbuhan pinjaman, tetapi juga memastikan kemampuan nasabah untuk mengembalikan pinjaman tersebut.

"Ini demi meningkatkan kualitas pinjaman di masyarakat sehingga ekosistem fintech lending di Indonesia tetap solid dan sehat," kata dia.

Direktur Investasi ACA Investments Tomohiro Fujita menyampaikan inklusi keuangan bagi UangTeman ialah menghadapi nasabah yang tidak memiliki rekening bank. Namun, hal ini juga jadi salah satu ide besar.

"Kami percaya bahwa Uang Teman dapat mengatasi masalah ini dengan memanfaatkan keunggulan operasional dan aksesibilitas yang kuat ke pendanaan," kata dia.

CEO & General Partner Pegasus Tech Ventures Anis Uzzaman mengatakan perusahaan berharap dapat terus mendukung Uang Teman dalam melakukan ekspansi pertumbuhan pinjaman online ke berbagai daerah di Indonesia.

"Kami yakin bahwa Uang Teman akan melaksanakan visi mereka dan memiliki dampak besar pada perekonomian Indonesia selama beberapa tahun ke depan," tandas dia. (Gan/E-3)

Baca Juga

Antara

Menteri Perindustrian Keluarkan Surat Edaran Operasional Pabrik

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 08 April 2020, 16:09 WIB
Surat Edaran Menteri Perindustrian Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Operasional Pabrik Dalam Masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat...
Antara/Rosa Panggabean

BI: Global Bond Bisa Perkuat Cadangan Devisa

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 08 April 2020, 15:15 WIB
Hal itu ditegaskan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. Posisi cadangan devisa per Maret tercatat US$ 121...
Istimewa/Kemenkop UKM

Kemenkop dan UKM Lantik Pejabat Sesuai Protokol Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 April 2020, 14:37 WIB
Menkop dan UKM Teten Masduki mengatakan pelantikan kali ini sebagai upaya konsolidasi internal dalam mengelola Koperasi dan UMKM khususnya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya