Minggu 01 Maret 2020, 05:15 WIB

Hamish Daud Gaung Konservasi Alam melalui Film

Bagus Pradana | Humaniora
Hamish Daud Gaung Konservasi Alam melalui Film

ANTARA
Aktor Hamish Daud

 

AKTOR, arsitek yang juga dikenal sebagai pegiat lingkungan, Hamish Daud mengaku senang dapat terlibat dalam penggarapan film animasi teranyar Riki Rhino yang diproduksi Batavia Pictures. Dalam film yang berjudul Riki Rhino  ini, Hamish didapuk untuk menjadi pengisi suara (dubber) dari karakter utama yang berwujud seekor badak sumatra.

Awalnya, ketika diminta untuk menirukan suara badak, suami dari penyanyi Raisa Andriana itu sempat kebingungan karena tidak mengetahui seperti apa suara badak itu. Ia pun berusaha mencari tahu dari beberapa sumber.

"Setelah saya cari ternyata suara badak itu enggak seganas bentuk badannya, enggak sesuailah sama bentuk badannya. Jadi, di film ini saya bikin mungkin sedikit versi ala Hamish," terang Hamish saat ditemui dalam konferensi pers film Riki Rhino di bilangan Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin (24/2).

Lelaki kelahiran Australia itu mengaku tertarik untuk terlibat dalam penggarapan film animasi anak, Riki Rhino ini karena tema besar yang diangkat di film ini ialah mengenai lingkungan hidup.

"Film Riki Rhino ini sangat menarik dan sesuai dengan interest saya di isu lingkungan. Ketika ditawarkan, saya langsung terima ajakan untuk menjadi pengisi suara Riki ini," ungkap Hamish.

Ia berpendapat, untuk menularkan kecintaan terhadap lingkungan yang tepat bukan lewat menggurui orang-orang, melainkan dengan mengubah gaya hidup mereka. Film ini, kata Hamish, sesuai dengan semangat itu.

"Sambil menonton, kita mendapat pesan tentang kepedulian terhadap lingkungan," tambahnya.

Film Riki Rhino dinilainya cukup berhasil mengemas narasi tentang konservasi alam ke dalam bentuk yang lebih mudah dipahami anak-anak, yaitu media film animasi. Hamish berharap melalui film ini, anak-anak Indonesia dapat lebih mengenal alam dan juga keanekaragaman satwa yang ada di wilayah Indonesia.

"Jadi kalau ngomongin konservasi itu topik yang berat dan enggak semua anak tertarik. Cuma di sini bentuknya diubah jadi kartun yang saya rasa cukup menarik untuk anak-anak. Mereka bisa mengenal hewan-hewan di Indonesia yang terancam punah, pesannya juga dapet banget sih menurut saya untuk anak-anak," tegas lelaki 39 tahun itu.

Sebagai seorang ayah, kata Hamish, ia berharap film ini bisa menjadi salah satu cara bagi para orang tua untuk mengenalkan keanekaragaman hayati kepada generasi muda.


Karya anak bangsa

Film Riki Rhino yang disutradarai Erwin Budiono bakal tayang perdana di bioskop pada Kamis (27/2). Menurut Hamish, film ini ialah film animasi konservasi pertama di Indonesia. Untuk itu, ketangkasan para animator Indonesia dalam menyampaikan emosi di film ini juga memainkan peran penting.

Ya, film ini sepenuhnya dibuat oleh animator Indonesia dan menyiapkan pesan dan kesan positif untuk anak-anak Indonesia. "Ada banyak emosi yang hadir saat premiere terutama karena ada banyak sekali orang yang terlibat untuk mewujudkan film ini," imbuh Hamish.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap film ini dapat menyampaikan pesan positif dan mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif. Terlebih, kata Ridwan, film ini juga mempekerjakan 70 orang yang mayoritas anak-anak Bandung, anak-anak Jawa Barat.

"Kalau berhasil, ini kado indah buat semua pihak, tentang faunanya, tentang animasi dari sisi ekonomi kreatifnya, dan tentang keindonesiaan dan Jawa Barat-nya," kata Ridwan Kamil.

Selain Hamish Daud dan Ridwan Kamil, film Riki Rhino melibatkan Ge Pamungkas sebagai pengisi suara karakter Beni, Zack Lee pengisi suara karakter Mr Jack, Aurel Hermansyah pengisi suara karakter Bebeb, Komika Cemen pengisi suara karakter Jathul, Komika Mo Sidik pengisi suara karakter Bogeng, Mikhaela Lee untuk suara Rara, Arsyi Hermansyah pada suara Tukik, Dimas Danang pada suara The Master, dan Niken Anjani mengisi suara Nina. (Medcom.id/H-2)

Baca Juga

MI/Yoseph Pencawan

​​​​​​​Galakkan Satu Juta Kopi Untuk Tenaga Medis

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 07 April 2020, 09:05 WIB
"Rentang waktu pelaksanaan aksi mulai dari 30 Maret 2020 sampai dengan 31 Mei 2020 dan dapat diperpanjang sesuai dengan banyaknya...
Istimewa

Mumpung Di Rumah Saja, Saatnya Mengasah Kemampuan Berbisnis

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 April 2020, 08:22 WIB
Danar mengajak para pelaku UMKM, terutama kaum milenial yang saat ini sedang terdampak usahanya untuk memanfaatkan platform online...
MI/TRI SUBARKAH

Aduh, Ini mah Malah Tambah Penyakit

👤Tri Subarkah/X-7 🕔Selasa 07 April 2020, 07:20 WIB
Para pasien beserta pendamping mereka antre proses screening saat berobat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya