Minggu 01 Maret 2020, 04:50 WIB

Kejutan Rasa Gurami Goreng Saus Buah Naga

MI | Weekend
Kejutan Rasa Gurami Goreng Saus Buah Naga

MI/M. Irfan
Gurami Goreng Saus Buah Naga

SEBAGIAN dari kita mungkin pernah merasakan lezatnya gurami goreng yang disiram dengan saus asam manis, saus padang, atau saus tiram. Wah mantap. Lantas, bagaimana rasanya jika gurami goreng dicampur dengan saus buah naga?

Jika penasaran, Hotel Ibis Jakarta, Senen, Jakarta Pusat, menawarkan kreasi saus yang berbeda menggunakan buah naga. “Gurami saus buah naga menjadi makanan spesial yang kami tawarkan mulai Maret hingga akhir April mendatang,” ujar Executive Chef Hotel, Bayu Topandas, di Jakarta, Senin (24/2).

Buah naga merah dipilih karena sarat dengan kandungan vitamin dan gizi yang bagus. Manis sari buah yang dipro­duk­si buah juga bisa meminimalkan pemakaian MSG.

Dengan begitu, tidak perlu merisaukan hambarnya atau hilangnya rasa buah ini saat dimasak bersama bahan-bahan lain sebab itu tergantung bagaimana cara buah naga diramu.

Campurannya pada saus. Pertama bawang merah, bawang putih, bawang bombai ditumis sebagai perasa awal hingga wangi. Kemudian, 200 gram buah naga yang telah diblender dituangkan dan dimasak bersama. Untuk memunculkan rasa gurih, diberi sedikit saus tiram di tahap akhir memasak.

“Saus ini akan kental sebab buah naga yang diblender ini tidak disaring. Ampasnyalah yang membuat dia tetap kental. Kami tidak menambah tepung apa pun. Di dalam saus masih tertinggal butir-butir biji buah naga­nya,” jelas Bayu.

Kriteria buah naga merah yang dipakai, kata dia, harus matang agar manis sari buahnya benar-benar keluar dan mampu meng­angkat rasa. Buah naga merupakan buah yang tidak terpengaruh dengan musim alias selalu ada sepanjang musim.

“Rasa manis buah naga merah sudah ada. Kalau buah naga yang putih memang lebih cenderung ke plain,” jelas Bayu.

Untuk 300-400 gram ikan gurami, hanya dibutuhkan sekitar 200 gram buah naga merah sebab dalam saus nantinya akan ditambahkan dengan bahan-bahan lainnya. Itu pun akan menyusut saat sudah diblen­der menjadi saus.

Komposisi itu yang dia rasa pas. Dalam beberapa kali percobaan, formula ini paling seimbang. Bila buah naga sengaja ditambahkan, selain warnanya menjadi pekat me­rah maroon keunguan, rasanya juga tidak selaras. Maka itu, perlu ditambah potongan dadu buah naga di sekeliling gurami, bila tamu ingin buah yang lebih memberi rasa selain dari saus.

Kata Bayu, warna tidak terlalu signifikan pengaruhnya. Namun, rasa buah naga akan dominan dalam saus bila diramu lebih banyak komposisinya sehingga ada rasa manis buah, disertai bayang-bayang rasa pedas merica. Rasa ini keluar semua dalam satu saus. Saus ini disiram tipis di atas gurami. Bila tamu meminta saus tambahan untuk mencelupkan potongan ikan, juga akan disediakan.

Sementara itu, guraminya hanya perlu dimarinasi dengan garam, merica, dan jeruk nipis untuk menghilangkan rasa anyir. Baru kemudian ikan diberi tepung maizena dan digoreng dengan minyak banyak, sampai ikan kering.

“Triknya ada pada meng­goreng dengan minyak yang banyak, api besar, dan menggunakan tepung tapioka untuk melapisi ikan. Hasilnya akan jauh berbeda bila memakai tepung terigu. Tepung terigu malah akan membuat goreng­an menjadi tidak crispy dan malah cepat gosong,” jelas Bayu.
Selain pada gurami, saus buah naga juga bisa dicobakan kepada jenis seafood lainnya, seperti olahan cumi, kerang, dan ayam.

“Kami sudah pernah mengaplikasikan­nya ke kerang hijau. Sausnya kita masak bersama kerang langsung. Ini beda dari biasanya kerang yang hanya bumbu lada hitam dan saus padang. Tamu pun menyukai­nya,” kata Bayu. (Try/M-4)

 

 

Baca Juga

123RF

Buat Lompatan, Nokia Siap Bangun 4G di Bulan

👤Putri Rosmalia 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 07:15 WIB
Konektivitas di Bulan diyakini akan berjalan lebih cepar daripada di...
www.goethe.de

Yuk, Ajak si Cilik Berkenalan dengan Sains

👤Galih Agus Saputra 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 02:13 WIB
Simak belasan film sains yang 'ramah' anak di Science Film Festival...
Instagram/Rara Sekar

Hara, Perjalanan Solo Rara Sekar

👤Fathurrozak 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 00:10 WIB
Setelah bermusik dengan Banda Neira dan Daramuda Project, Rara Sekar kini punya proyek...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya