Sabtu 29 Februari 2020, 19:51 WIB

Wapres Prihatin dengan Kekerasan terhadap Muslim di India

Andhika prasetyo | Internasional
Wapres Prihatin dengan Kekerasan terhadap Muslim di India

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin
NTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

 

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas insiden kekerasan yang menewaskan puluhan warga muslim di India.

Tindak kekerasan semacam itu, lanjut dia, semestinya bisa dicegah dan tidak perlu terjadi.

"Kita prihatin masih ada hal seperti itu. Perlakuan terhadap muslim di India ini seharusnya tidak terjadi," ujar Ma'ruf usai menghadiri International Islamic Healthcare Conference and Expo (IHEX) 2020 di Jakarta, Sabtu (29/2).

Ia mengatakan konflik antarumat beragama sedianya bisa dihindari dengan meningkatkan dialog-dialog untuk menanamkan sikap toleransi di kalangan masyarakat.

Baca juga: Korban Tewas Dalam Bentrokan India Jadi 32 Orang

Hal itulah yang akan terus dilakukan di Tanah Air. Bahkan, pemerintah berencana menginisiasi pertemuan tokoh-tokoh lintas agama internasional.

"Kita ingin membangun kerukunan antarumat beragama, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Oleh karena itu, kita bercita-cita ingin membangun pertemuan tokoh-tokoh agama dunia," tutur Wapres.

Sebagaimana diketahui, Undang-undang Amandemen Kewarganegaraan yang baru disahkan oleh pemerintah India telah memicu kerusuhan di 'Negeri Bollywood' dalam beberapa hari terakhir.

Melalui peraturan perundangan itu, warga nonmuslim dari negara tetangga yang bermayoritas muslim seperti Bangladesh, Pakistan dan Afghanistan bisa mendapatkan status kewarganegaraan India dengan mudah.

Kebijakan tersebut akhirnya menimbulkan kecemburuan sosial yang akhirnya memicu kerusuhan yang tidak terhindarkan.(OL-4)

Baca Juga

AFP/Filippo MONTEFORTE

Tingkat Infeksi Covid-19 Italia Melambat

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Kamis 09 April 2020, 15:30 WIB
Tingkat infeksi virus korona baru (covid-19) di Italia tercatat melambat. jika dua minggu lalu kenaikannya 7% dan hari ini...
AFP/Fabrice Coffrini

Balas Kritikan Trump, WHO Serukan Persatuan Global

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Kamis 09 April 2020, 14:14 WIB
Trump menuding WHO terlalu Tiongkok sentris, dan mengancam menahan suntikan dana AS ke...
ANNE-CHRISTINE POUJOULAT

Pengumuman: Lockdown di Prancis Diperpanjang

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Kamis 09 April 2020, 14:00 WIB
Prancis akan memperpanjang penutupan wilayah (lockdown) secara nasional untuk menahan penyebaran virus covid-19 untuk kedua...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya