Sabtu 29 Februari 2020, 17:03 WIB

Bupati Manggarai Ajak Uskup Ruteng Buka Ruang Dialog

Yohanes Manasye | Nusantara
 

PEMIMPIN baru umat Katolik Keuskupan Ruteng Mgr Siprianus Hormat tiba di Ruteng pada Sabtu (29/2) siang setelah menempuh perjalanan dari Jakarta melalui Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Mantan Sekretaris Eksekutif Komisi Waligereja Indonesia (KWI) itu disambut ribuan umat yang berdiri di sepanjang jalan.

Baca juga: Uskup Agung Semarang Dorong Umat Menjadi Pribadi Transformatif

Tiba di Terminal Mena, Uskup Siprianus disambut oleh Bupati Manggarai Deno Kamelus dan Wakil Bupati Viktor Madur. Lalu tokoh adat setempat mengadakan ritual penjemputan yang disebut tuak curu.

Kemudian ia diarak melintasi jalan utama dan mulai dari alun-alun Motang Rua hingga Kampus Unika Santu Paulus Ruteng dengan diiringi marching band pelajar SMA Katolik Santu Fransiskus Xaverius Ruteng.

Baca juga: Bertemu Uskup Pangkal Pinang Mahfud Bicarakan Gereja Karimun

Selanjutnya dari gerbang kampus Unika hingga Istana Keuskupan, ia disambut dengan sejumlah tarian khas dari berbagai daerah di daratan Flores, seperti Pemaka, Ja'i, Hegong, dan Kapu.

Uskup Siprianus lalu diterima oleh Uskup Denpasar yang selama ini diberikan tugas tambahan sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng Mgr Silvester San.

Mgr Siprianus berterima kasih atas doa dan sambutan yang luar biasa dari umatnya. Ia melihat sambutan itu sebagai ketulusan dan kerinduan panjang. Sehingga kedatangannya menggembirakan umatnya. Namun di lain pihak, ia juga memaknai sambutan itu sebagai sebuah beban tanggungjawab yang harus ia wujudnyatakan.

"Ketika melihat sambutan yang begitu hangat, meriah ini, saya berpikir, satu pihak adalah ungkapan kegembiraan. Tapi di pihak lain, saya merasa itu suatu beban tanggung jawab yang harus diwujudnyatakan," ujarnya.

Baca juga: Uskup Agung Semarang Datangi Buya Syafii

Ia mengatakan tanggung jawab besar itu tak bisa dijalankan sendiri. Ia selalu bertopang pada kasih Tuhan yang telah memberikan diri. Seorang Gembala, kata dia, harus bisa merendahkan diri dan mengorbankan diri untuk orang-orang yang dikasihinya. Membuka ruang dialog dan kerjasama agar Gereja Kesukupan Ruteng bergerak maju.

Mgr Silvester San dalam sambutannya mengatakan umat Katolik Keuskupan Ruteng sudah lama menantikan sang gembala. Pascapengunduran diri Uskup Emeritus Mgr Hubertus Leteng pada 11 Oktober 2017 hingga saat ini, umat Katolik setempat memiliki kerinduan besar akan hadirnya seorang gembala yang baru.

Pascapengumuman oleh Vatican terkait terpilihnya Mgr Siprianus sebagai uskup baru, umat Katolik di wilayah itu merasakan kegembiraan besar. Kegembiraan itu menjadi nyata ketika Mgr Siprianus tiba di Keuskupan Ruteng.

Sesuai motto tahbisannya nanti, Omnia in Caritate (lakukanlah segala pekerjaanmu di dalam kasih), Mgr Silvester San berharap agar Uskup Siprianus bisa menjadi gembala yang mengasihi umat.

Bupati Manggarai Deno Kamelus mengatakan, umat Katolik Keuskupan Ruteng juga merupakan bagian dari pemerintah di tiga kabupaten, yakni Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur. Atas nama pemerintah dari tiga kabupaten itu, Bupati Deno menyampaikan selamat datang kepada Mgr Siprianus.

"Melihat perjalanan panjang ziarah panggilan  Mgr Siprianus Hormat, penunjukan oleh Takhta Suci Vatikan pada akhir tahun lalu dapat dilihat sebagai peristiwa kole beo atau pulang kampung; tetapi bukan pulang kampung biasa. Meninggalkan Manggarai sebagai Imam muda dan kembali ke tanah ini sebagai seorang Uskup, Mgr Siprianus Hormat telah hidup dalam filosofi harapan para leluhur lalong bakok du lakon, lalong rombeng du kolen," urai Deno.

Deno mengajak Uskup Siprianus untuk bersama-sama komponen lain di tiga kabupaten untuk melakukan karya-karya kegembalaan dalam kasih dan membuka ruang-ruang dialog.

Sesuai rencana, Mgr Siprianus Hormat akan ditahbiskan sebagai Uskup Ruteng di Gereja Katedral Santa Maria Assumpta - Santu Yosef Ruteng pada Kamis (19/3) mendatang. Akan hadir pada acara tersebut, 36 Uskup dari seluruh Indonesia. Akan hadir pula sejumlah tokoh, salah satunya Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate. (X-15)

Baca Juga

MI/Ardi Teristi Hardi

Nilai-Nilai Pancasila Dibutuhkan untuk Hadapi Tatanan New Normal

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Senin 01 Juni 2020, 11:55 WIB
Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto berharap Hari Jadi  Pancasila dijadikan refleksi untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila memasuki...
dok pemprov jatim

Hari Lahir Pancasila untuk Perkuat Solidaritas dan Gotong Royong

👤RO/Micom 🕔Senin 01 Juni 2020, 11:54 WIB
Pandemi ini menguji solidaritas semua anak...
MI/Haryanto

Hari Lahir Pancasila Momentum Kebangkitan Bangsa Saat Pandemi

👤Haryanto 🕔Senin 01 Juni 2020, 11:49 WIB
Gubernur Jawa Tengah  Ganjar Pranowo mengatakan Pancasila sejak awal dikumandangkan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya