Sabtu 29 Februari 2020, 16:13 WIB

Imbas Korona, Harga Patokan Ekspor Tambang Turun

Faustinus Nua | Ekonomi
Imbas Korona, Harga Patokan Ekspor Tambang Turun

ANTARA
Sejumlah Haul Truck dioperasikan di area tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Timika, Papua, Sabtu (19/9).

 

Merebaknya virus korona di banyak negara, khususnya di Tiongkok, mempengaruhi penetapan harga patokan ekspor (HPE) produk pertambangan yang dikenakan bea keluar (BK) periode Maret 2020. Dibandingkan dengan HPE periode Februari 2020, hampir seluruh komoditas mengalami penurunan HPE.

"HPE produk pertambangan periode Maret 2020 mengalami penurunan hampir seluruh komoditas diantaranya besi, tembaga, bauksit, seng, rutil, dan timbal. Hal ini dikarenakan adanya wabah virus corona yang terjadi di beberapa negara termasuk di Tiongkok sehingga mempengaruhi ekspor dan impor Tiongkok," ungkap Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana melalui keterangan resmi, Sabtu (29/2).

Indrasari menjelaskan sejumlah produk pertambangan yang dikenakan BK adalah konsentrat tembaga, konsentrat besi, konsentrat besi laterit, konsentrat pasir besi, pellet konsentrat pasir besi, konsentrat mangan, konsentrat timbal, konsentrat seng, konsentrat ilmenit, konsentrat rutil, dan bauksit yang telah dilakukan pencucian.

"Penetapan HPE periode Maret 2020 ini ditetapkan setelah memperhatikan berbagai masukan tertulis dan koordinasi dari berbagai instansi terkait," tutup Wisnu.(E-3)

 

Baca Juga

DOK: SINARMAS LAND

Sinar Mas Land Siapkan Bantuan 25.000 Alat Uji Covid-19

👤RO 🕔Selasa 07 April 2020, 21:10 WIB
Puluhan ribu rapid test kit tersebut rencananya diserahkan ke Kementerian Kesehatan sebanyak 12.500 alat dan sisanya ke sejumlah pemerintah...
Antara

Menteri PUPR Bakal Minta Relaksasi Pembayaran Kewajiban Jalan Tol

👤Antara 🕔Selasa 07 April 2020, 20:49 WIB
Jalan tol mengalami penurunan sekitar 40 sampai dengan 60 persen dari LHR pada hari-hari...
Antara

Pemerintah Percepat Program Padat Karya Tunai

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 07 April 2020, 20:08 WIB
Kementerian Koordinator Perekonomian tengah menyiapkan sejumlah program guna melindungi masyarakat dari dampak penyebaran virus korona...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya