Sabtu 29 Februari 2020, 16:11 WIB

Berubah Haluan, Pakatan Harapan Dukung Mahathir Jadi PM Malaysia

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Berubah Haluan, Pakatan Harapan Dukung Mahathir Jadi PM Malaysia

AFP/Mohd Rasfan
PM Malaysia interim Mahathir Mohamad saat memberikan keterangan pers terkait dampak virus korona.

 

PAKATAN Harapan mendeklarasikan dukungan terhadap Mahathir Mohamad sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia berikutnya. Padahal sebelumnya, koalisi politik tersebut mendukung pencalonan Anwar Ibrahim.

Dukungan itu muncul tiga hari setelah aliansi mencalonkan pemimpin Partai Keadilan Rakyat, Anwar Ibrahim, untuk posisi serupa. Keputusan mencalonkan kembali Mahathir sebagai calon PM Malaysia, digulirkan untuk meredam konflik politik di negeri Jiran.

"Semoga Allah memberkati upaya kita untuk menyelamatkan negara dan fokus pada menghidupkan kembali ekonomi dan kesejahteraan rakyat," ujar pemimpin de facto Pakatan Harapan, Anwar Ibrahim.

Baca juga: Barisan Nasional-PAS Dukung Muhyiddin Yassin Jadi PM Malaysia

Anwar mengaku dirinya menunjuk Mahathir untuk menghindari krisis berkepanjangan. Dalam sebuah pernyataan bersama, koalisi menegaskan akan terus berjuang untuk mempertahankan manifesto dalam pemilihan umum (pemilu) sebelumnya, yang kemenangan bagi aliansi.

“Pakatan Harapan adalah koalisi yang menerima mandat yang jelas dalam pemilu ke-14. Kami menentang segala upaya pemerintahan pintu belakang, terutama yang melibatkan kleptokrat dan pengkhianat, yang akan merusak semua upaya reformasi," bunyi pernyataan tersebut.

"Oleh karena itu, Pakatan Harapan menyatakan dukungan sepenuhnya bagi Mahathir untuk dicalonkan sebagai PM Malaysia. Kami berpegang teguh pada prinsip kami, dan akan terus berjuang untuk manifesto Pakatan Harapan di pemerintahan," masih dari penyataan resmi.

Keterangan itu dirilis bersamaan dengan pernyataan Mahathir, yang mengonfirmasi Pakatan Harapan telah mencalonkannya sebagai PM Malaysia, setelah pertemuan pada Sabtu pagi waktu setempat.

Baca juga: Anwar Ibrahim Klaim Pakatan Harapan Calonkan Dirinya Sebagai PM

“Saya sekarang yakin memiliki angka yang untuk mendapatkan dukungan mayoritas di Dewan Rakyat. Karena itu, saya siap untuk maju sebagai calon kandidat PM Malaysia," pungkas Mahathir.

Mehathir juga menepis kabar bahwa dirinya mendukung pencalonan Tan Sri Muhyiddin Yassin sebagai PM Malaysia. "Seperti yang saya katakan berulang kali, saya menentang segala bentuk kerja sama dengan individu yang diketahui korup dan bagian dari administrasi kleptokratis," serunya.

Sebelumnya, dalam konferensi pers Rabu lalu, Anwar mengumumkan dukungan Pakatan Harapan kepada dirinya untuk menjadi PM Malaysia. Sementara itu, koaliasi Barisan Nasional mendukung pencalonan Presiden Bersatu, Tan Sri Muhyiddin Yassin, sebagai PM Malaysia kedelapan.(CNA/Bernama/OL-11)

 

Baca Juga

AFP

Warga tak Disiplin, Jumlah Korban Covid di New York Melonjak

👤Ant 🕔Rabu 08 April 2020, 04:01 WIB
Gubernur Andrew Cuomo mengatakan, tingginya mortalitas di New York merupakan cermin  dari perilaku penduduk daerah...
AFP

Kondisi PM Inggris Membaik

👤Ant 🕔Rabu 08 April 2020, 03:15 WIB
Sementara, Ratu Inggris Elizabeth berharap Johnson bisa pulih sempurna dan...
AFP

Rusia Tuding Trump Ingin Caplok Planet Lain

👤Ant 🕔Rabu 08 April 2020, 01:15 WIB
Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan bahwa segala upaya untuk memprivatisasi ruang dalam satu bentuk atau lainnya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya