Sabtu 29 Februari 2020, 13:23 WIB

Duel El Clasico Penting Buka Jalan Raih Gelar Juara La Liga

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola
Duel El Clasico Penting Buka Jalan Raih Gelar Juara La Liga

Filippo MONTEFORTE / AFP
Penyerang Barcelona Lionel Messi akan menjadi tumpuan pada laga El Classico yang berlangsung di Santiago Bernabeu, Senin (2/3).

 

DUEL bertajuk El Clasico antara Real Madrid berhadapan dan Barcelona akan tersaji dalam lanjutan pekan ke- 26 Liga Spanyol di Santiago Bernabeu, Senin (2/3).

Laga kali ini diprediksi akan berlangsung panas mengingat kedua tim sedang mengincar posisi aman di puncak klasemen.

Kemenangan sangat penting bagi kedua klub. Pasalnya, dalam 13 laga tersisa La Blaugrana hanya unggul dua poin atas Madrid.

Begitupun Madrid ingin memanfaatkan posisinya sebagai tuan rumah untuk mengamankan tiga poin dan menyusul sang pemuncak.

Apalagi Liga Spanyol menggunakan sistem head-to-head untuk menentukan peringkat klasemen.

Skor imbang tanpa gol di pertemuan pertama, membuat laga El Clasico jilid dua bisa menjadi penentu bagi kedua klub di akhir musim.

The Catalans datang dengan kemenangan dari empat kunjungan liga terakhir mereka ke Real Madrid. Artinya, kemenangan lain di Clasico kali ini akan menempatkan mereka unggul lima poin dari lawan mereka di puncak La Liga.

Awal dari penampilan impresif baru-baru ini di Bernabeu datang selama musim 2015/16 ketika mereka melawan tim Rafa Benitez.

Luis Suarez dengan dua golnya, Neymar dan Andres Iniesta masing-masing satu gol untuk kemenangan 4-0 untuk pasukan Luis Enrique, dengan Lionel Messi mulai di bangku cadangan saat ia kembali dari cedera.

Messi memainkan peran penting dalam memenangkan tiga poin lagi di Bernabeu pada 2016/17. Messi mencetak gol penyeimbang di babak pertama dan kemenangan di menit terakhir dalam kemenangan 3-2.

Pertandingan tersebut diingat untuk perayaan simbolis Argentina saat ia mengangkat nama dan nomornya ke kerumunan tuan rumah.

Perjalanan lain yang tak terlupakan ke Bernabeu datang setelah Messi, Suarez dan Aleix Vidal mencetak gol dalam kemenangan 3-0 sementara Dani Carvajal dikeluarkan dari lapangan karena handball.

Sementara Musim lalu, Real Madrid menjamu Barcelona dua kali dalam kurun waktu beberapa hari. Setelah mengalahkan Los Blancos 3-0 di Copa del Rey, tim asuhan Ernesto Valverde juga mengambil rampasan liga berkat gol tunggal Ivan Rakitic.

Jika mereka berhasil meraih kemenangan liga kelima secara beruntun di Bernabeu pada hari Minggu, mereka juga akan meraih lima poin di puncak klasemen.

Namun, kedua tim sedang berada dalam situasi genting. Zinedine Zidane belum mampu menyelesaikan masalah utama yang dimilikinya sejak musim lalu, yakni mencari pengganti sosok Cristiano Ronaldo.

Striker Prancis, Karim Benzema yang diharapkan bisa menjadi lumbung gol justru melempem di paruh kedua musim.

Benzema sempat tampil agresif dengan mencetak 12 gol dari 16 pertandingan awal Liga Spanyol. Tapi, kemudian statistik itu terus menurun.

Benzema hanya mampu mencetak satu gol sejak pertengahan Desember 2019 hingga saat ini, yaitu saat Madrid menang atas Atletico Madrid, 1 Februari 2020.

Masalah lain yang dialami Zidane jelang El Clasico melawan Barcelona bertambah setelah Eden Hazard dipastikan absen karena cedera.

Di sisi lain, pasukan Quique Setien datang ke Santiago Bernabeu dengan masalah krisis pemain.

Bek andalan Jordi Alba, harus menepi lantaran cedera. Sementara Sergi Roberto, Ousmane Dembele, dan Luis Suarez sudah dipastikan absen, serta Gerard Pique masih diragukan bisa main karena cedera saat melawan Napoli di Liga Champions.

Sementara itu, bek Madrid, Ferland Mendy akan mengikuti El Clasico pertamanya selama berkarier.

"Benar bahwa Clasico pertama saya istimewa. Saya sudah bermain di Camp Nou sebelum pertandingan itu, dengan Lyon, tetapi mengenakan jersey Real Madrid semuanya berbeda," ucap Mendy.

"El Clasico tidak seperti permainan lain, kita semua ingin memenangkan pertandingan ini," tutur eks bek kiri Olympique Lyon itu.

Mendy berbagi pengalamannya dalam beradaptasi dengan klub dan negara baru. Ia mengaku sulit untuk beradaptasi dengan Madrid. Namun, Mendy ingin memberikan yang terbaik, khususnya saat laga El Clasico di kandang sendiri.

Di Madrid, ia ingin lebih fokus bertahan dengan baik daripada maju untuk menyerang.

"Di Lyon, saya kurang bertahan dan harus banyak maju, jadi saya mencari keseimbangan di sana. Di Real Madrid ada keinginan untuk memenangkan segalanya, untuk melakukan yang terbaik dan memenangkan setiap trofi," ucapnya. (Ykb/Marca/OL-09)

Baca Juga

AFP/PAUL ELLIS

Sisa Musim Liga Inggris Bisa Selesai dalam 56 Hari

👤Widhoroso 🕔Kamis 09 April 2020, 20:30 WIB
Kompetisi Liga Inggris di semua divisi saat ini menyisakan 10 hingga 12 pekan...
Antaranews.com

Bintang Sepak Bola Inggris Bakal Tanding Virtual

👤Antara 🕔Kamis 09 April 2020, 20:03 WIB
Fans bisa mengikuti aksi mereka pada Twitter dan saluran YouTube FA mulai pukul 1600GMT pada Jumat...
AFP/SASCHA SCHUERMANN

Reus Tegaskan tidak akan Pindah ke Bayern

👤Patrick Pinaria 🕔Kamis 09 April 2020, 12:08 WIB
Reus menegaskan, di Bundesliga, dia hanya akan bermain untuk Dortmund, Jika harus hengkang, dia memilih keluar dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya