Sabtu 29 Februari 2020, 09:36 WIB

Waspada Banjir Perkuat Embung

(Ata/Fer/H-2) | Humaniora
Waspada Banjir Perkuat Embung

MI/Fransisco Carollio
Suasana banjir di kawasan Total Persada, Kota Tangerang, Banten, Kamis (27/02/2020).

 

TINGGINYA intensitas hujan yang akan mencapai puncaknya pada Maret 2020 mendatang perlu diwaspadai sekaligus disikapi secara bijak. "Pengelolaan banjir harus sejalan dengan pengelolaan kekeringan untuk menjaga ketahanan air pada saat musim kemarau," ucap Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin di Jakarta, kemarin.

BMKG memperkirakan intensitas hujan yang tinggi akan terjadi Sumatra bagian selatan, Jawa, Sulawesi bagian tengah, dan sebagian Papua. Dalam merespons itu, Kepala Sub-Direktorat Perencanaan Sungai dan Pantai Kementerian PU-Pera, Bambang Heri Mulyono, mengatakan pihaknya akan membangun waduk kolam retensi dan sumur resapan.

Dengan turunnya daya dukung daerah aliran sungai (DAS) yang menyebabkan banjir, longsor, erosi, dan lainnya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan BNPB fokus melakukan rehabilitasi hutan dan lahan (RHL).(Ata/Fer/H-2)

Baca Juga

Dok. MI

Anji Ajari Anak Main Gitar

👤MI 🕔Rabu 08 April 2020, 01:50 WIB
MUSISI Erdian Aji Prihartanto atau akrab disapa Anji, 42, mengambil hikmah dari anjuran untuk tinggal di rumah dan work from...
MI/Adam Dwi

Ade Govinda Batal Manggung, Bikin Musik

👤MI 🕔Rabu 08 April 2020, 01:15 WIB
GITARIS Govinda Ade Nurulianto, 36, mengaku sedih karena jadwal manggung Govinda banyak yang dibatalkan lantaran pandemi...
Dok. MI

Titi DJ Melek Teknologi selama Karantina

👤MI 🕔Rabu 08 April 2020, 00:50 WIB
IMBAUAN pemerintah untuk di rumah saja demi mencegah penularan virus korona membawa kebaikan bagi musisi Titi DJ,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya