Sabtu 29 Februari 2020, 09:35 WIB

Pecatur Novendra Priasmoro Raih Gelar Grand Master

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga
Pecatur Novendra Priasmoro Raih Gelar Grand Master

ANTARA FOTO/Maulana Surya
Pacatur putra Novendra Priasmoro akhirnya berhasil mendapatkan gelar Grand Master (GM).

PECATUR putra Novendra Priasmoro akhirnya berhasil mendapatkan gelar Grand Master (GM) ke-8 Indonesia usai mencetak kemenangan di Liberec, Ceko.

Setelah menunggu 16 tahun usai Susanto Megaranto yang menjadi GM tahun 2004, akhirnya Indonesia melahirkan seorang GM lagi.

Hal ini terjadi pada babak 7 turnamen catur Liberec Open yang berlangsung di Liberec, Ceko, Kamis (27/2) malam.

Novendra mencetak kemenangan beruntun untuk ketujuh kalinya dengan mengalahkan IM Klaudia Kulon (2335) dari Polandia. Novendra menang pada langkah 25 pembukaan Serangan Trompowsky.

Kemenangan tersebut selain memperkokoh dirinya sebagai pemimpin klasemen sementara dengan angka sempurna 7 poin, juga memastikan kebutuhan tambahan rating sebanyak 11 poin untuk memenuhi persyaratan rating GM

sebesar 2500 terlampaui. Ia mendapat tambahan 2,9 poin lagi sehingga tabungan rating Novendra sudah mencapai 11,4 poin. Pertandingan masih dua babak lagi, Novendra menargetkan merebut 1,5 poin lagi untuk memastikannya keluar sebagai juara.

”Akhirnya jadi GM juga setelah 4 kali nyaris tapi gagal terus. Dua kali gagal di Praha Open, sekali pada dwitarung Jakarta Open dan sekali di kejuaraan dunia junior tahun 2018 saat cuma butuh dua poin rating saja. Saat itu rating saya sudah 2498," ujarnya.

Novendra juga memastikan gelar juara Liberec Open satu babak sebelum turnamen berakhir. Pecatur yang dikalahkan Novendra pada babak 8 itu adalah kampiun Praha Open IM Akash G (2449) dari India, pada Jumat (28/2).

Dengan kemenangan tersebut, Novendra sudah membukukan 8 poin, tak bakal terkejar lagi dari peringkat dua Franciszek Sernecki (2218) asal Polandia yang mengumpulkan 6,5 poin.

Secara rangking Novendra juga mendpat tambahan 4,4 poin lagi sehingga tabungan rangkingnya sudah 15,8 poin.

Walaupum sudah juara, Novendra menargetkan merebut poin terakhir, sehingga membuat gelar juaranya sensasional dan akan dikenang dalam sejarah catur Liberec. Lawan terakhir Novendra adalah peringkat dua Franciszek Sernecki. (Ykb/OL-09)

Baca Juga

AFP/Philip Fong

Pekan Ini Tokyo akan Umumkan Jadwal Baru Olimpiade

👤Deden Muhammad Rojani 🕔Senin 30 Maret 2020, 18:01 WIB
Tidak ada perubahan besar. Artinya masih akan tetap berlangsung pada musim panas. Waktunya kemungkinan besar di antara Juni dan...
Antara

Fajar Alfian Rela tak Pulang Kampung Selama Wabah Covid-19

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 29 Maret 2020, 20:05 WIB
Pebulu tangkis Indonesia Fajar Alfian memilih bertahan di asrama PBSI selama wabah virus covid-19 karena tak ingin mengambil...
AFP/Charly Triballeau Warga

Olimpiade Tokyo Dijadwalkan Digelar 23 Juli 2021

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 29 Maret 2020, 17:00 WIB
Tanggal tersebut juga diprediksi sesuai dengan kondisi cuaca Tokyo yang tidak terlalu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya