Sabtu 29 Februari 2020, 08:54 WIB

KPU Gaet Kampus Penuhi Kuota PPS

(BB/PO/MY/YH/JS/AS/CS/RS/N-3) | Nusantara
KPU Gaet Kampus Penuhi Kuota PPS

MI/rutasuryana
KPU Kabupaten Tabanan saat menerima pendaftaran calon anggota PPSmasa perpanjangan 3 hari.

 

MASA pendaftaran calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) telah diputuskan diperpanjang karena belum memenuhi kuota. Namun, hingga tenggat yang ditentukan, jumlah calon PPS yang mendaftar masih belum mencukupi.

Hal itu terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Masa perpanjangan pendaftaran PPS di kabupaten itu diperpanjang selama tiga hari, yakni dari 25 sampai 27 Februari 2020, tapi tetap saja kuota belum terpenuhi.

Komisioner KPU Kabupaten Cianjur, Rustiman, mengatakan, hingga akhir penutupan perpanjangan pendaftaran, terdapat 35 desa di 20 kecamatan yang jumlah pendaftarnya belum memenuhi kuota.

"Iya, perpanjangan pendaf-taran calon anggota PPS sudah ditutup pada Kamis (27/2). Tapi ternyata masih ada beberapa desa yang jumlah pendaftarnya belum memenuhi kuota minimal dua kali kebutuhan," ungkap Rustiman, kemarin.

Untuk menyelesaikan persoalan itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat berkoordinasi dengan lembaga pendidikan dan lembaga profesi lainnya guna mencari solusi.

Rustiman melanjutkan, meski belum memenuhi ku-ota, KPU tidak melaksanakan perpanjangan pendaf-taran calon PPS untuk kedua kalinya. Guna memenuhi kuota, terangnya, KPU akan bekerja sama dengan perguruan tinggi atau lembaga pendidikan supaya kekurangan tenaga PPS dapat ditutupi.

"Ini sudah diatur berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor 66/PP.06.4-Kpt/03/KPU/II/2020 tentang Pedoman Teknis Pembentukan PPK, PPS, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota," jelasnya.

Sebaliknya, KPU Belu, Nusa Tenggara Timur, menyatakan kuota calon anggota PPS Pilkada 2020 telah terpenuhi.

"Sebelumnya, sejumlah desa mengalami kekurangan calon anggota PPS sehingga dilakukan perpanjangan. Sekarang desa-desa yang kekurangan itu sudah memenuhi kuota," kata Ketua KPU Belu Mikael Nahak saat dihubungi lewat telepon dari Kupang, kemarin.

Mikael mengatakan keku-rangan calon anggota PPS hanya terjadi di kurang dari 10 desa. Di desa-desa tersebut sudah ada warga yang mendaftar menjadi anggota PPS, tetapi tetap saja belum memenuhi kuota.

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Darlinsyah, mengatakan KPU Bengkulu membutuhkan sebanyak 4.539 anggota PPS untuk ditugaskan di 1.539 desa/kelurahan yang tersebar di 10 kabupaten/kota di Bengkulu. (BB/PO/MY/YH/JS/AS/CS/RS/N-3)

Baca Juga

AFP

Kinerja Bongkar Muat Pelabuhan Lhokseumawe Meningkat

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 07 Juli 2020, 23:30 WIB
"Angka ini naik 6,46 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019 sebanyak 264.787 ton," ujarnya dalam keterangan...
MI/Gabriel Langga

Jalani Rapid Test, 30 Dokter di Sikka Nonreaktif

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 07 Juli 2020, 22:35 WIB
Sebanyak 30 dokter yang selama ini menangani pasien positif virus covid-19 di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur telah menjalani rapid...
MI/Bary Fathahilah

Tidak Pakai Masker di Tuban Dihukum Menyapu Jalan

👤Ahmad Yakub 🕔Selasa 07 Juli 2020, 22:25 WIB
Pemkab Tuban, Jawa Timur, memberikan sanksi tegas bagi warga yang tertangkap tangan melanggar protokol...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya