Sabtu 29 Februari 2020, 08:46 WIB

Korona Meluas, AS Tunda KTT dengan Pemimpin ASEAN

mediaindonesia.com | Internasional
Korona Meluas, AS Tunda KTT dengan Pemimpin ASEAN

AFP/Drew Angerer
Bendera nasional AS berkibar dekat Patung Liberty.

 

AMERIKA Serikat (AS) menunda pertemuan dengan para pemimpin negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) yang dijadwalkan berlangsung 14 Maret. Keputusan diambil menyikapi kekhawatiran terhadap penyebaran wabah virus koronan (COVID-19).

Hal itu diungkapkan dua pejabat AS pada Jum'at waktu setempat. Sebelumnya, Presiden AS, Donald Trump, mengundang 10 pemimpin negara di ASEAN untuk bertemu di Las Vegas, AS. Mengingat, dirinya tidak bisa hadir dalam KTT ASEAN di Bangkok, Thailand, November lalu.

"Saat komunitas internasional bekerja bersama untuk mengalahkan korona, AS membuat keputusan sulit untuk menunda pertemuan dengan pemimpin ASEAN," ujar salah satu sumber yang merupakan pejabat senior pemerintahan.

Baca juga: WHO: Risiko Global Wabah Korona Naik ke Level Tertinggi

Pemerintah AS, lanjut sumber tersebut, menilai hubungan dengan ASEAN tergolong penting. Sekaligus, mengharapkan adanya pertemuan lebih lanjut. Sejauh ini, Departemen Luar Negeri AS belum memberikan tanggapan.

Keputusan itu muncul di tengah kekhawatiran wabah virus korona yang sudah melanda wilayah AS. Pun, banyak negara melaporkan kasus infeksi terbaru. Sejumlah perusahaan bahkan melarang karyawannya untuk bepergian ke luar negeri. Wabah virus korona juga menekan pergerakan bursa saham global.

Adapun jumlah kasus positif korona di AS masih relatif kecil, yakni sekitar 60. Sebagian besar merupakan penumpang kapal pesiar Diamond Princess, yang dievakuasi dari Pelabuhan Yokohama, Jepang.

Penyebaran virus korona berawal di Tiongkok pada akhir tahun lalu. Data terbaru Badan Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan lebih dari 82.000 orang terinfeksi virus korona, dengan korban meninggal sekitar 2.700 orang di Tiongkok dan 57 orang di 46 negara.(Antara/OL-11)

Baca Juga

AFP

Malaysia Catat 179 Kasus Covid-19 Baru, 90 Lainnya Pulih

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 05 April 2020, 21:27 WIB
Otoritas kesehatan Malaysia mengatakan ada 179 kasus covid-19 baru yang dilaporkan siang hari ini, Minggu (5/4), meningkatkan angka...
Ilustrasi

Berisik Saat Lockdown, Pria Tembak Mati Lima Orang

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 05 April 2020, 21:19 WIB
Seorang pria di Rusia menembak mati lima orang karena ribut berisik pada malam hari di jalan di bawah huniannya, kata para penyelidik,...
MI/Duta

Bayi Kembar Diberi Nama Corona dan Covid

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 05 April 2020, 17:40 WIB
Orangtua bayi kembar yang lahir di Rumah Sakit Dr Bhimrao Ambedkar Memorial di Raipur, ibu kota Negara Bagian Chhattisgarh, memberi nama...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya