Sabtu 29 Februari 2020, 08:20 WIB

WNI Kru Kapal World Dream Mulai Jalani Observasi

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
WNI Kru Kapal World Dream Mulai Jalani Observasi

MI/Susanto
Landing craft utility (LCU) KRI dr Soeharso mengangkut 188 WNI kru kapal World Dream yang akan diobservasi di Pulau Sebaru Kecil.

 

SEBANYAK 188 warga negara Indonesia (WNI) kru kapal World Dream kemarin sore dipindahkan dari KRI dr Soeharso ke Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu. Mereka selanjutnya menjalani observasi selama 14 hari untuk memastikan tidak terpapar virus korona baru atau covid-19.

Para WNI itu dipindahkan dengan menggunakan dua kapal landing craft utility. Tak ada pakaian khusus yang mereka gunakan. Petugas kesehatan yang mendampingi mereka mengenakan pelindung diri berwarna kuning.

Satu per satu awak kapal turun dan berkumpul di dermaga Pulau Sebaru Kecil. Saat mendekati dermaga, mereka melambaikan tangan kepada petugas dan jurnalis yang berada di Dermaga Pulau Lipan, berjarak sekitar 500 meter.

Meski Pulau Sebaru Kecil dijadikan tempat observasi, nelayan setempat tetap bebas mencari ikan di sekitar pulau dengan jarak tertentu. Komandan Kopaska Komando Armada I Kolonel Laut (P) Johan Wahyudi memastikan mereka dalam kondisi aman.

''Tidak ada larangan untuk nelayan beraktivitas di laut. Yang tidak boleh, nelayan yang ingin merapat ke Pulau Sebaru Kecil, apalagi masuk ke pulau,'' jelas Johan.

Untuk pengamanan, Kopaska menerjunkan 68 personel dengan tujuh unit sea rider. Mereka berpatroli siang dan malam sehingga observasi terhadap 188 WNI pekerja kapal World Dream lancar.

Di sisi lain, tim penjemput untuk mengevakuasi 68 WNI di kapal Diamond Princess yang berada di Pelabuhan Yokohama, Jepang, kemarin diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, menggunakan pesawat Garuda. Diperkirakan, tim  tiba Bandara Haneda dini hari tadi pukul 01.00 waktu setempat dan kembali ke Tanah Air besok pukul 18.00 bersama 68 WNI kru Diamond Princess.

"Kita harus melakukan evakuasi WNI yang berada di luar negeri, kali ini untuk menjemput 68 WNI kru kapal pesiar Diamond Princess. Sebelum dikembalikan, mereka telah melakukan tes PCR (polymerase chain reaction) dan negatif covid-19," kata Menlu Retno Marsudi dalam acara pelepasan tim.

Sementara itu, Kemenkes telah memeriksa 136 spesimen suspect virus korona, dan semuanya negatif. Subdit ISPA Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes, Riyan Hermana, mengatakan agar Indonesia tetap terbebas dari virus korona, pihaknya meminta peran aktif masyarakat untuk melakukan pencegahan. (Aiw/Ata/Pro/X-8)

Baca Juga

MI/Agung Wibowo

RS PMI Bogor Siap Tangani Pasien Covid-19

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Senin 06 April 2020, 18:55 WIB
Rumah Sakit (RS) PMI Bogor siap menangani pasien yang terinfeksi virus covid-19. Kesiapan RS dibuktikan dengan menyiapkan sebanyak 23 ruang...
Antara

Pekerja Diminta Pahami Skala Prioritas Pemerintah Atasi Covid-19

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Senin 06 April 2020, 17:59 WIB
Pekerja buruh diminta untuk memahami posisi pemerintah yang memberikan skala prioritas tetapi tanpa mengorbankan begitu saja nasib dan...
AFP

Ketua Satgas Covid-19 IDI: Rapid Test 10 Ribu Sehari Per Provinsi

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 06 April 2020, 17:54 WIB
Rapid test sangat penting dan sekarang ada di Indonesia. Oleh karena itu, segera kerjakan itu sebanyak mungkin dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya